IHSG Merana Jelang Libur 17-an, 4 Saham Ini Jadi Beban

Berita, Teknologi252 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan Rabu (16/8/2023), menjelang libur Hari Kemerdekaan pada Kamis besok.

IHSG ditutup melemah 0,21% ke posisi 6.900,54. IHSG akhirnya masih mampu bertahan di level psikologis 6.900, setelah sempat terkoreksi menyentuh level psikologis 6.800 sepanjang perdagangan hari ini.

Secara sektoral, sektor bahan baku menjadi pemberat terbesar IHSG pada hari ini, yakni mencapai 0,89%.

Selain itu, beberapa saham juga menjadi pemberat IHSG. Berikut saham-saham yang menjadi pemberat IHSG pada perdagangan hari ini.








Emiten Kode Saham Indeks Poin Harga Terakhir Perubahan Harga
GoTo Gojek Tokopedia GOTO -8,71 93 -4,12%
Bank Rakyat Indonesia BBRI -5,47 5.525 -0,90%
Barito Pacific BRPT -1,03 915 -1,61%
Merdeka Copper Gold MDKA -0,89 3.180 -0,93%

Sumber: Refinitiv

Saham teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjadi pemberat IHSG terbesar pada hari ini, yakni mencapai 8,7 indeks poin. Padahal, rugi bersih GOTO di semester I-2023 berhasil menyusut 48% menjadi Rp 7,16 triliun.

Meski IHSG berhasil ditarik hingga koreksinya terpangkas, tetapi IHSG tetap tidak mampu ditutup di zona hijau pada hari ini. Namun, IHSG tetap bertahan di level psikologis 6.900, setelah sempat terkoreksi menyentuh level psikologis 6.800 sepanjang perdagangan hari ini.

IHSG terpantau terkoreksi, mengikuti pergerakan bursa saham global yang terpantau berjatuhan, karena pasar khawatir dengan dampak dari evaluasi peringkat utang puluhan bank di AS oleh Fitch Ratings.

Fitch Ratings memperingatkan kemungkinan harus menurunkan peringkat kredit puluhan bank, termasuk JPMorgan Chase.

Sebelum Fitch, Moody’s sudah terlebih dahulu menurunkan peringkat 10 bank di AS sambil menempatkan institusi besar lainnya dalam daftar pantauan untuk potensi penurunan peringkat.

Selain adanya pemangkasan peringkat perbankan AS oleh beberapa perusahaan pemeringkat internasional, investor juga khawatir terkait prospek suku bunga acuan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed), setelah inflasi AS periode Juli 2023 kembali naik.

Investor pun bertanya-tanya apakah The Fed mungkin memiliki waktu lebih lama untuk melakukan kampanye kenaikan suku bunga untuk menjinakkan inflasi.

Berdasarkan perangkat Fedwatch CME, pelaku pasar melihat peluang sebesar 90,5%, bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga acuannya pada pertemuan September mendatang.

Di lain sisi, IHSG terkoreksi setelah Presiden RI Jokowi memberikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama. Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 sekaligus Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 oleh Ketua MPR RI.

Selain Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi juga telah membacakan nota keuangan di Gedung MPR/DPR pada siang hari ini.

Pembacaan nota keuangan oleh Presiden RI ibarat tradisi tahunan yang selalu digelar setiap 16 Agustus atau satu hari sebelum Hari Kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus.

Merujuk pada penjelasan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan yang diunggah di akun Instagramnya pada Selasa (15/8/2023), nota keuangan merupakan dokumen yang menjelaskan tentang Undang-Undang APBN.

Di dalamnya disajikan rencana keuangan dan kebijakan fiskal yang akan dilakukan pemerintah dalam satu periode anggaran.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Dua Hari di Zona Merah, IHSG Kembali Menguat

(chd/chd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Ini 5 Cawapres Ganjar Pranowo, Siapa Paling Tajir?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *