Wamenlu RI dan Menlu Vanuatu Groundbreaking Hibah Renovasi Bandara Port Vila

Berita, Teknologi202 Dilihat

Port Villa: Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury bersama Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Vanuatu, Matai Seremaiah Nawalu, telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking renovasi gedung VIP di Bandara Port Vila, Selasa, 22 Agustus 2023. Bandara tersebut sempat rusak akibat terjangan Siklon Judy dan Kevin pada Maret lalu.
 
Kegiatan groundbreaking dilaksanakan di sela-sela kunjungan Wamenlu Pahala ke Port Villa, Vanuatu, guna menghadiri rangkaian Pertemuan Tingkat Tinggi ke-22 Melanesian Spearhead Group (MSG).
 
Dalam sambutannya, Wamenlu RI menyampaikan simpati atas bencana alam yang melanda Vanuatu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai negara yang juga rawan dilanda bencana, Indonesia memahami hal tersebut, dan menegaskan solidaritas terhadap saudara-saudara kita di Vanuatu,” ucapnya, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI.
 
A friend in need is a friend indeed,” sambungnya, merujuk pada semangat saling membantu antar sahabat.
 
Arti penting lain dari renovasi tersebut adalah mengingat bandara merupakan wajah yang pertama kali dilihat para tamu dan turis yang berkunjung ke Vanuatu. Melalui proyek renovasi ini, Indonesia berharap dapat turut berkontribusi terhadap sektor pariwisata Vanuatu.
 
Wamenlu RI berharap proyek renovasi dapat meningkatkan people-to-people contact antara Indonesia dan Vanuatu. Renovasi gedung VIP dilakukan atas bantuan hibah dari Pemerintah Indonesia.

Kerja Sama Indonesia dan Vanuatu

Sebanyak 30 pekerja asal Indonesia telah berada di Port Vila untuk memulai proses renovasi. Desain dari ruang VIP juga akan mencerminkan budaya Indonesia dan Vanuatu.
 
“Saya berharap masyarakat kita dapat saling mengenal satu sama lain, membangun kesepahaman, dan hubungan yang lebih dekat,” ujar Wamenlu RI.
 
Menlu Vanuatu Matai Seremaiah mengapresiasi bantuan renovasi dari Pemerintah Indonesia. Secara khusus, ia menyampaikan ucapan terima kasih Presiden RI dan rakyat Indonesia atas bantuan yang diberikan pascabencana Siklon Judy dan Kevin.
 
Ia berharap, proyek ini dapat menjadi awal bagi Indonesia dan Vanuatu untuk dapat memperkuat kerja sama di berbagai bidang.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu RI juga menyampaikan harapan bahwa proyek renovasi ini dapat membuka jalan bagi Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur lain di Vanuatu.
 
Wamenlu RI juga menegaskan kesiapan Indonesia untuk membantu dan meningkatkan kerja sama dengan negara Pasifik lainnya.
 
Baca juga:  Indonesia Kirim Tim Bantu Pulihkan Infrastruktur di Vanuatu

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WIL)

Quoted From Many Source

Baca Juga  IHSG Menghijau Lagi, 5 Saham Ini Jadi Penopangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *