Wapres Ma’ruf Amin Pakai Adat Padang di Upacara 17 Agustus

Berita, Teknologi173 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin hadir di Istana Merdeka untuk menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, hari ini, Kamis (17/8/2023).

Ia datang bersama sang istri, Ibu Hj. WuryMa’ruf Amin. Keduanya tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.45 WIB.

Ma’ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat Padang, Provinsi Sumatera Barat, bernuansa ungu dengan aksen warna emas.

Baju tersebut dipadankan dengan kain songket dan hiasan keris pada bagian depan. Dikutip dari keterangan resminya, makna filosofis dari pakaian yang dikenakan Wapres melambangkan kepemimpinan dari orang yang memakainya. 

Sementara itu, aksesori berupa keris yang diselipkan di bagian pinggang melambangkan kehati-hatian dalam mengambil tindakan. Para pemakainya harus berpikir dan menimbang baik buruk sesuatu sebelum mengambil sebuah keputusan.

Selaras dengan Wapres, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengenakan baju khas Koto Gadang bernuansa senada dengan Wapres, ungu dan emas. Busana ini mencerminkan falsafah Minangkabau basyandi syarak, syarak basandi kitabullah, adat yang diterapkan di masyarat yang tidak terlepas dari prinsip-prinsip agama Islam.

Tak seperti pakaian Minang lazimnya yang menggunakan suntiang, busana adat Koto Gadang identik dengan kain segiempat yang dikenakan di kepala atau dikenal dengan sebutan tinkuluak tilakuang.

Tingkuluak talakuang merupakan sejenis kain segi empat yang digunakan di atas kepala, mengisyaratkan sebagai telekung pada mukena dan menandakan bahwa masyarakat Minangkabau sangat menjunjung tinggi agama Islam.

Sementara pada bagian baju, model baju kurung pada pakaian adat Koto Gadang ini memiliki celah yang didesain khusus pada bagian lehernya dan memiliki makna bahwa pemakainya dapat menerima masukan dari siapapun dan memiliki sikap bijaksana dalam menyikapi masukan tersebut.

Baca Juga  Saham Bank Raksasa Loyo, Gegara Dividen Mau Diatur OJK?

Selain upacara pagi, pada sore hari Wapres dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir mengikuti Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di Halaman Istana Merdeka dan akan mengenakan pakaian adat Pontianak, Kalimantan Barat bernuansa warna oranye.

Di tengah momen peringatan hari kemerdekaan ini, Wapres sempat menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus mengobarkan semangat bakti dan kecintaan kepada tanah air, khususnya untuk mengisi kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita menjadi Indonesia Maju.

“Mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan, kita tebarkan pesan-pesan perdamaian, dan kita semaikan pengetahuan. Jangan lelah dan menyerah dalam memberikan karya dan darmabakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara, demi menjemput masa depan Indonesia yang gemilang,” kata dia melalui rekaman video.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pak Jokowi, RI Harus Lakukan Ini Untuk Jadi Produsen Baterai

(fab/fab)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *