6 Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Manusia, Pastikan Istirahat Yang Cukup : Okezone health

Uncategorized112 Dilihat

LEHER Ini adalah aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang. Namun tuntutan pekerjaan dan kebiasaan buruk membuat banyak orang kehilangan jam tidur terbaiknya.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur teratur yang berkualitas dapat membantu memperbaiki segala macam masalah, mulai dari gula darah hingga fungsi otak. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang memiliki jam tidur terbaik.

Rangkuman dari WebMD, Jumat (17/11/2023), berikut manfaat tidur bagi kesehatan manusia. Ayo lihat!

1. Meningkatkan mood

Hal lain yang dilakukan otak Anda saat tidur adalah memproses emosi Anda. Pikiran Anda membutuhkan waktu untuk mengenali dan bereaksi dengan cara yang benar. Jika Anda memiliki waktu tidur yang singkat, Anda cenderung memiliki lebih banyak reaksi emosional negatif dan lebih sedikit reaksi emosional positif.

Kurang tidur kronis juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya gangguan mood. Penelitian ekstensif menunjukkan bahwa ketika Anda menderita insomnia, Anda lima kali lebih mungkin mengalami depresi, dan peluang Anda mengalami gangguan kecemasan atau panik semakin meningkat.

2. Pikiran Sehat

Saat Anda tidur, tekanan darah Anda turun, sehingga jantung dan pembuluh darah Anda beristirahat. Semakin sedikit waktu tidur yang Anda miliki, semakin lama tekanan darah Anda meningkat dalam siklus 24 jam. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, termasuk stroke.

3. Mengasah daya ingat otak

Saat kurang tidur, Anda mungkin kesulitan mengingat berbagai hal dengan sangat detail. Ini karena tidur berperan besar dalam pembelajaran dan memori. Tanpa tidur yang cukup, sulit untuk fokus dan menyerap informasi baru.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk membantu tubuh terhindar dari penyakit, sistem kekebalan tubuh akan mengidentifikasi bakteri dan virus berbahaya di dalam tubuh dan menghancurkannya. Kurang tidur sering kali mengubah cara kerja sel kekebalan Anda. Penyakit ini mungkin tidak menyerang dengan cepat, dan Anda mungkin akan lebih sering sakit.

Baca Juga  Pahala ke Tasikmalaya, Kunjungi Pondok Pesantren Miftahul Huda dan Ziarah ke Sare : Okezone News

Istirahat malam yang cukup dapat membantu Anda menghindari rasa lelah dan letih, serta menghabiskan hari-hari di tempat tidur saat tubuh Anda mencoba memulihkan diri.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


5. Membantu mengontrol berat badan

Jika Anda cukup istirahat, rasa lapar Anda akan berkurang. Kurang tidur menyebabkan hormon di otak, leptin dan ghrelin, yang mengontrol nafsu makan.

Jika hal-hal tersebut tidak seimbang, maka daya tahan Anda terhadap godaan makanan tidak sehat akan berkurang. Dan ketika Anda lelah, Anda cenderung tidak ingin bangun dan bergerak sendiri. Hal ini dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

6. Lebih Sedikit Gula Beku

Selama periode tidur nyenyak dan lambat, kadar glukosa darah Anda turun. Tidak meluangkan cukup waktu dalam fase ini membuat respons terhadap kebutuhan seluler dan kadar gula darah menjadi lebih sulit. Tidur yang cukup memungkinkan Anda terhindar dari diabetes tipe 2.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *