Ahli epidemiologi menghimbau semua orang untuk mengetahui skenario B: Kesehatan Okezone

Uncategorized26 Dilihat

PERTEMUAN Lagi-lagi Virus B atau dikenal juga dengan Herpes Tipe B di Hong Kong mendadak menjadi perhatian dunia. Sebab virus ini tergolong sangat langka.

Penularan Hepatitis B dapat terjadi melalui rambut atau gigitan monyet Macaca. Selain itu, kontak langsung dengan cairan tubuh monyet Macaca juga dapat menyebabkan infeksi Tipe B.

Melihat temuan tersebut, Epidemiolog dari Griffith University, Dr. Dicky Budiman menjelaskan kemungkinan penularan Virus B antar manusia sangat kecil. Namun, hal itu bisa terjadi jika terjadi kontak dekat dengan cairan tubuh penderita.

“Sampai saat ini kemungkinan penularan virus B dari manusia ke manusia masih rendah, meski bisa saja terjadi. Namun tentunya harus berkaitan erat dengan cairan tubuh pasien, kata dr. Dicky Budiman kepada MNC Portal Indonesia, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu saja, Dr. Dicky Budiman mengungkapkan potensi penularan virus B di Indonesia sangat rendah. Pasalnya, monyet Macaca yang menjadi sumber penularan virus ini lebih banyak hidup di negara subkontinental.

Meski begitu, ia juga mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk mewaspadai penularan. Sebab hal ini bisa terjadi jika terjadi perpindahan orang tertular dari luar negeri ke Indonesia.

Oleh karena itu, Dr. Dicky Budiman mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak bersentuhan langsung dengan satwa saat mengunjungi hutan atau kebun binatang.

“Apalagi kalau sedang berlibur, pergi ke alam liar atau kebun binatang, jangan sampai bersentuhan dengan binatang, apalagi monyet. “Mereka berpotensi menimbulkan virus dan penyakit menular,” ujarnya.


Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Timnas Indonesia Tak Menang Lawan Irak, Shin Tae-yong Ingin Unjuk Gigi: Okezone Bola

Selain itu, terungkap juga banyak penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran 2024, yaitu flu, penyebaran Covid-19, dan flu Singapura yang paling banyak menyerang anak-anak.

“Menjelang Idul Fitri, kita memang harus lebih berhati-hati terhadap penyakit, termasuk infeksi Covid-19, dan infeksi lain yang menular melalui kontak dekat seperti Hand, Foot, Mouth Disease yang dikenal dengan Singapore Disease,” ujarnya. dikatakan. Dr. Dicky Budiman.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *