Apakah kuku kaki yang tumbuh ke dalam perlu dioperasi? : Okezone kesehatan

Uncategorized51 Dilihat

ADALAH Apakah kuku kaki yang tumbuh ke dalam harus dioperasi? Ini karena kuku tumbuh ke dalam kulit sehingga menyebabkan kerusakan.

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam dapat terjadi pada jari tangan atau kaki celah dosa. Namun masalah ini biasanya terjadi pada kuku jempol kaki. Kuku kaki akan membengkak, merah dan bernanah akibat infeksi.

Lantas, apakah kuku kaki yang tumbuh ke dalam perlu dioperasi?

Menurut Dokter Keluarga Amerika, kuku kaki yang tumbuh ke dalam jarang memerlukan pembedahan. Pakar medis akan memberikan pengobatan non-bedah untuk mengurangi invasi bakteri ke dalam luka penyebab infeksi.

Korban juga bisa mengobati lukanya dengan merendam kakinya di air hangat. Lalu letakkan kapas kering di bawah sudut kuku.

Jika kondisi kuku kaki yang tumbuh ke dalam semakin parah, Anda bisa mencoba menggunakan salep antibiotik. Setelah berkonsultasi dengan dokter, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik oral.

Dalam beberapa kasus, pembedahan seringkali diperlukan untuk menghilangkan sebagian kuku. Operasi ini melibatkan pengangkatan sebagian kecil sisi kuku dan menghancurkan dasar kuku di bawahnya. Jari kaki akan disuntik dengan obat bius dan kuku kaki akan dipotong untuk membuat tepi kuku baru yang lurus.

Sel-sel di bawah kuku akan berusaha tumbuh menjadi kuku baru, sehingga sel-sel tersebut harus dimusnahkan terlebih dahulu. Jika terdapat penumpukan jaringan (hipertrofi) di sisi jari kaki, kulit ini juga harus diangkat. Setelah itu, jari kaki akan dibalut hingga sembuh total.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Sapa Warga Periuk Tangerang, Hary Tanoesoedibjo Tegaskan Perindo Group Fokus Pengentasan Kemiskinan: Okezone Country


Waktu pemulihan setelah operasi kuku kaki tumbuh ke dalam bervariasi. Mereka yang memiliki kuku kaki tumbuh ke dalam harus banyak istirahat selama beberapa hari setelah operasi. Selama 2 minggu setelah operasi, sebaiknya hindari berlari atau melakukan olahraga berat.

Dokter akan memberikan salep antibiotik untuk membantu penyembuhan jari kaki. Anda juga bisa menggunakan salep antibiotik yang dijual bebas seperti Mycitracin Plus yang mengandung Benzokain sebagai pereda nyeri.

Infeksi dapat berkembang di jari kaki dalam beberapa minggu setelah operasi. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami peningkatan rasa sakit, bengkak, kemerahan, atau keluarnya cairan dari jari kaki Anda.

Untuk mencegah kuku kaki yang tumbuh ke dalam kembali, potong kuku tepat di atas kuku. Jangan memotong kuku terlalu pendek di bagian sudutnya atau mencabut, menarik, atau merobek kuku.

Berikut informasi apakah kuku kaki yang tumbuh ke dalam memerlukan pembedahan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *