Apakah Pemilu 14 Februari Merupakan Hari Libur Nasional? : Okezone Nasional

Uncategorized127 Dilihat

JAKARTA – di dalam Pilih Tanggal 14 Februari adalah hari libur nasional? Hal ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan untuk memutuskan Pemilu 2024 dan telah menetapkan dalam Kebijakan Bersama (SKB) ketiga menteri menjadi hari merah.

Lantas apakah pemilu 14 Februari itu merupakan hari libur nasional? Dalam Sidang Bersama (SKB) tiga menteri menetapkan hari merah alias libur nasional.

Selain itu, Kementerian Sumber Daya Manusia telah menerbitkan Surat Edaran 1 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Libur bagi Pegawai/Pegawai pada Hari dan Hari Pemilihan Umum pada 14 Februari.

Kementerian Ketenagakerjaan menegaskan bahwa pengelola usaha atau pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pekerja/kontraktor untuk menggunakan hak pilihnya.Bahkan jika pekerja harus bekerja pada hari pemungutan suara serentak tanggal 14 Februari, maka pekerja mempunyai hak untuk mengambil hak pilihnya. waktu tambahan. membayar staf.

“Sudah ada alokasi dari Menaker (soal kondisi kerja pada pemilu 14 Februari 2024),” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Melalui Surat Revolusi Menteri Ketenagakerjaan, pada bagian ketiga disebutkan “Pegawai/kontraktor yang bekerja pada hari dan hari pemilihan mempunyai hak atas upah waktu kerja dan hak-hak lain dari pekerja/kontraktor yang bekerja pada hari libur yang diberikan oleh wakilnya.” biasanya menerima, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

“Pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pekerja/pegawai untuk menggunakan hak pilihnya,” demikian dikutip poin kedua Surat Edaran tersebut.

Baca Juga  Banjir Sintang Kalimantan Barat, 597 Orang Terdampak: Okezone News

Sekadar informasi, Pemerintah telah menetapkan masa pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu 14 Februari. Masyarakat yang memiliki hak pilih harus datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) sesuai tempat tinggalnya jika ingin memilih.

Sedangkan bagi masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebelum menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada beberapa berkas yang harus dibawa dan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPPS).

Surat Pemberitahuan Pemilu kepada Pemilih Formulir C sudah diterima pemilih paling lambat tiga hari sebelum pemilu, tanggal 11 Februari 2024.

Surat berukuran setengah kertas A4 akan diberikan langsung oleh KPPS kepada pemilih yang bersangkutan. Apabila tidak bertemu, petugas KPPS akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada kerabat atau orang yang dipercaya.

Apabila pemilih belum menerima surat pemberitahuan hingga satu hari sebelum pemilihan, maka pemilih dapat menghubungi atau mendatangi Ketua KPPS setempat.

Namun apabila pemilih sedang sibuk dan tidak sempat menghubungi Ketua KPPS, pemilih tetap dapat datang ke TPS pada hari pemungutan suara, 14 Februari 2024, tanpa membawa surat pemberitahuan.

KPPS akan memeriksa data pemilih di Sistem Informasi Pemilih (Sidalih) dan menerbitkan surat pemberitahuan pada saat pemilih berada di TPS.

Dokumen kedua yang wajib ditunjukkan sebelum pemungutan suara adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *