Badan Pangan Sebut Penundaan Waktu Panen Tidak Akan Mempengaruhi Stok Beras: Okezone Economy

Uncategorized134 Dilihat

JAKARTABadan Pangan Nasional mengatakan penundaan musim panen saat tanam rendang tidak akan mempengaruhi cadangan beras pemerintah.

Musim tanam pertama (Agustus-Desember) ditunda karena hujannya pelan. Hujan hanya terjadi di akhir November dan Desember. Jadi panennya tertunda, kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. Diposting Antara, Minggu (12/11/2023).

Katanya, karena musim tanam terlambat, maka panen juga akan tertunda. Panen baru akan berlangsung pada bulan April, Mei, dan Juni 2024.

Untuk mengantisipasinya, Badan Pangan Nasional bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) berupaya memastikan ketersediaan pupuk atau stok.

Meski terjadi penundaan musim tanam sehingga berdampak pada tertundanya musim panen, Arief meyakinkan hal tersebut tidak akan mempengaruhi ketersediaan produk beras.

Menurut dia, pemerintah melalui Badan Pelayanan (Bulog) kini memiliki hak beras di atas 1 juta ton.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


“Kita pastikan cadangan pangannya di atas 1 juta ton, Bulog punya. Jadi menunda musim panen tidak ada pengaruhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, akan terjadi penundaan musim hujan antara satu hingga tiga hari.

Dengan demikian, akan terjadi keterlambatan jadwal tanam sepuluh hingga 30 hari di banyak wilayah Indonesia.

Menurut dia, sektor pertanian bergantung pada waktu. Jadi tertundanya musim hujan pasti akan mempengaruhi jadwal tanam padi yang pada akhirnya mempengaruhi penyerapan pupuk. (KR-MAK)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Eza Gionino Sebut Tak Ada Temannya yang Dipercaya Masih Hidup: Selebriti Okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *