Banyak Penderita TBC Hampir Setahun Berobat, Ini Alasannya: Okezone Health

Uncategorized61 Dilihat

PANAS MALARIA atau tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri ini dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan penderita mengalami sesak napas yang diikuti batuk kronis.

Pengobatan penyakit ini biasanya berupa terapi obat selama enam hingga sembilan bulan. Kontrak pemeliharaan standar enam bulan. Obat yang digunakan pada pasien tuberkulosis saat ini merupakan kombinasi isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol atau disingkat 2HRZE/4HR.

Meski pengobatannya sangat singkat, namun masih ada penderita TBC yang masih mendapat pengobatan hingga kurang lebih satu tahun. Hal tersebut diungkapkan oleh Profesor Paru, Prof. Dr. Dr. Erlina Burhan, M.Sc., Sp.P(K) dalam tweetnya di X @erlinaburhan.

“Seorang ibu hamil bercerita kepada saya bahwa dia adalah penderita TBC dan telah menggunakan obat TBC selama kurang lebih satu tahun. “Katanya paru-paru kirinya belum 100% sembuh, sedangkan paru-paru kanannya bersih,” tulis dr Erlina dalam cuitannya seperti dilansir Rabu (29/5/2024).

Lalu mengapa pengobatan TBC memakan waktu hampir satu tahun?

“Pada penderita TBC berat, artinya ada kelainan TBC pada paru kiri dan kanan, terkadang memerlukan pengobatan lebih dari enam bulan. “Jadi mungkin sembilan bulan bahkan setahun,” kata dr Erlina.

Namun, dr Erlina mengatakan pneumonia tidak bertahan lebih dari setahun. Sekalipun bersih.

“Kalau hanya fibrosis, biasanya tidak hilang. Jadi jangan minum obat sampai fibrosisnya hilang. “Pada TBC, fibrosis tidak hilang, tapi akan menetap,” kata dr Erlina.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(Leo)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Elon Musk meramalkan terbentuknya koloni pertama di planet Mars, ini katanya: Okezone Techno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *