Beberapa Pekerja Migran Indonesia Masih Menerima Jaminan Sosial: Economy Okezone

Uncategorized165 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Energi (Pemerintahan Rakyat) mengatakan masih banyak pekerja migran di Indonesia yang mendapat jaminan sosial dari Pemerintah.

Kini Kementerian Ketenagakerjaan terus mengimplementasikan Kebijakan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Jaminan Sosial Bagi Pekerja Migran Indonesia.

BACA JUGA:

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Anwar Sanusi mengatakan saat ini masih banyak pekerja migran di banyak negara yang belum mengikuti proyek BPJS, salah satunya pekerja migran di Uni Emirat Arab.

Anwar Sanusi menjelaskan, berdasarkan data Ketenagakerjaan BPJS, jumlah pekerja migran yang berpartisipasi hingga Februari 2023 sebanyak 354.995 orang, padahal jumlah pekerja migran di seluruh dunia sangat tinggi.

BACA JUGA:

Misalnya di Uni Emirat Arab, pekerja migran diperkirakan berjumlah 87 ribu orang, sedangkan peserta BPJS Ketenagakerjaan masih banyak yakni sekitar 1.368 orang berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan per September 2023.

Data ini menunjukkan upaya yang dilakukan harus lebih keras lagi, kata Sekjen Anwar dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11/2023).

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya


Sedangkan Permenaker 4/2023 merupakan penyempurnaan dari aturan sebelumnya yaitu Permenaker Nomor 18 Tahun 2018 tentang Jaminan Sosial Bagi Pekerja Migran Indonesia yang dinilai tidak sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum saat ini.

BACA JUGA:

Dikatakannya, dalam Permenaker Nomor 4 Tahun 2023 terdapat 7 manfaat baru dan 9 manfaat yang nilainya mengalami peningkatan. Peningkatan manfaat ini diberikan tanpa adanya peningkatan iuran Jamsostek.

“Proses pendaftaran dan pengajuan klaim sesuai Permenaker Nomor 4 Tahun 2023 disederhanakan sehingga memudahkan sesama pekerja migran mengakses sistem Jaminan Sosial,” tutupnya.

Baca Juga  Usai Tentukan Pemenang Pilpres, Prabowo: Kita Dialog Politik untuk Membangun Koalisi Kuat: National Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *