Benarkah stres bisa memicu GERD? : Okezone kesehatan

Uncategorized415 Dilihat

BELUM Baru-baru ini beredar seorang pria di Bekasi yang mengidap penyakit GERD. Bahkan, ia sakit parah hingga harus dirawat di rumah sakit.

Pria tersebut selalu menjalani hidup sehat hingga saat ini. Ia juga sering berolahraga dan menjaga pola makan dengan baik.

Namun jika ditelisik lebih dalam, ternyata GERD yang dialaminya disebabkan oleh stres berat yang dialaminya akibat tekanan pekerjaan.

Lalu apa hubungannya stres dengan GERD? Bisakah stres memicu GERD?

Kabar dari situs resmi rumah sakit Eka, stres pada dasarnya muncul dan timbul akibat perubahan dan ketakutan yang cenderung mempengaruhi jiwa dan fisik seseorang.

BACA JUGA:

Tanpa disadari, stres tidak hanya mengganggu produktivitas seseorang dalam bekerja, karena stres juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya. Salah satunya yang sering menyerang masyarakat adalah GERD atau penyakit gastroesophageal reflux.

GERD adalah penyakit pencernaan di mana asam lambung terus-menerus mengalir kembali ke kerongkongan.

BACA JUGA:

Anda mungkin langsung mengasosiasikan GERD dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi, namun GERD sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh stres yang mungkin Anda rasakan akibat tekanan pikiran Anda. Bagaimana itu bisa terjadi?

Ikuti berita Okezone berita Google


Stres diketahui memperburuk gejala dan risiko ketika Anda mengembangkan GERD. Saat situasi stres terjadi, tubuh tidak mampu memproduksi prostaglandin yang dapat melindungi saluran pencernaan dari efek asam lambung yang terus menumpuk.

Jika hal ini terjadi, tubuh akan rentan merasakan nyeri pada saluran pencernaan. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan kelelahan sehingga meningkatkan risiko penurunan fungsi tubuh dan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk asam lambung.

Meski bisa memperparah gejala, stres bukanlah satu-satunya penyebab kondisi ini. GERD memiliki banyak faktor risiko yang membuat Anda lebih rentan terkena penyakit ini.

Baca Juga  Terkait pemekaran kota Luwu Raya, Ganjar: Demi kepentingan daerah yang kita perjuangkan: Zona Atas Negeri.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *