Berapa lama proses investasi IKN selesai sampai ground floor? : Ekonomi Zona Atas

Uncategorized129 Dilihat

JAKARTA – Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) menjelaskan proses penanaman modal Ibukota (IKN) Nusantara. OIKN menegaskan, investasi yang berjalan sudah melalui evaluasi dan perlu segera dibangun.

OIKN mencatat ada 305 surat minat (letter of mind/LOI) dari investor seluruh dunia untuk ikut serta dalam pembangunan Ibu Kota (IKN) nusantara. Dari 305 LOI tersebut, mayoritas investor yang menyatakan minat berinvestasi di IKN tentunya berasal dari Indonesia.

Dari jumlah tersebut, baru beberapa yang dibangun seperti hotel, pertokoan, gedung, rumah sakit, dan ruang terbuka hijau.

Menurut Deputi Bidang Keuangan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN), Agung Wicaksono, proses realisasi investasi IKN berbeda-beda dari waktu ke waktu. Misalnya saja Persatuan Kepulauan Indonesia yang berdiri pada September 2023, masuk mulai Juni 2023.

“Jadi butuh waktu sekitar tiga bulan dari LOI sampai mendarat,” ujarnya.

Namun prinsip-prinsip ini tidak bisa disamakan. Pasalnya, berdasarkan tingkat kesiapan perseroan sementara, dihitung hingga kemampuan finansial diperhitungkan.

“Kesiapan desain, kesesuaian lokasi dan masih banyak lagi yang sedang dikaji. Ada juga (LOI) 2022 yang masih dalam proses karena kita cari lahan yang bagus dan kita rawat pondasinya agar tidak roboh,” dia kata.di.

Agung menjelaskan, mulai dari tahapan LOI hingga lantai dasar, masih banyak tahapan lain yang harus dilalui. Pertama, pengajuan LOI, tahap kedua review dan evaluasi terhadap bagian-bagian penting LOI.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya


Tahap ketiga pertemuan 1 lawan 1, keempat penyerahan surat konfirmasi. Tahap kelima, surat tanggapan otoritas IKN kepada investor, keenam, perjanjian kerahasiaan dan permintaan data NDA dan permintaan data. Tahap ketujuh studi kelayakan dan tahap akhir atau kedelapan kontrak.

Baca Juga  Shin Ye Eun Diundang Membintangi Game Baru Rowoon: Celebrity Okezone

“Tahap awal peninjauan LOI ada penundaan, gasnya dibawa keluar dalam peninjauan besaran perusahaan dan tahap evaluasi. Bisa cepat,” ujarnya.

Jika melihat 172 LOI investor perumahan dan akuisisi infrastruktur yang telah dilakukan, sudah melalui proses evaluasi dan penting untuk segera mendapatkannya agar pembangunan bisa dilakukan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *