BMKG Ungkap Penyebab Gempa M6.4 di Papua, Begini Analisisnya: Okezone Country

Uncategorized57 Dilihat

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab gempa berkekuatan 6,4 SR (sebelum diperbarui menjadi M6,5) yang mengguncang wilayah Bonggo, Sarmi, Papua pada pukul 00.16 WIB.

Peristiwa itu terjadi karena adanya kesalahan kerja di Anjak Mamberamo.




Mengenai letak episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar di kawasan Anjak Mamberamo, kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Minggu (31/12/2023).

Dari hasil analisis mekanisme sumber, gempa bumi mempunyai pergerakan ke atas (moving sesar). Dwikorita pun mengoreksi informasi awal, dengan menyebutkan gempa berkekuatan M6,4 dengan episenter gempa berada pada koordinat 2,96° LS dan 139,42° BT.

Atau tepatnya berada di darat pada jarak 1 km sebelah selatan Bonggo, Sarmi, Papua pada kedalaman 50 km, jelasnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Gempa tersebut berdampak dan terasa di wilayah Kabupaten Jayapura, Jayapura, dan Kabupaten Sarmi, Wamena. Jika kejadian ini terjadi pada siang hari, mereka memperkirakan banyak orang yang akan lari dari rumahnya.

Getarannya banyak dirasakan masyarakat, benda-benda listrik yang ada di badan gantung bergoyang. Hasil model menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami, jelasnya.

Sebelumnya, BMKG mendeteksi gempa bumi mengguncang timur laut Kobagma dengan magnitudo 6,5.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Karena hasil penelitian tidak menjadi dasar kebijakan pemerintah, Ganjar menawarkan perjanjian kerja sama dengan IPB: National Okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *