Buruk! Robot Ternyata Bikin Orang Malas, Begini Kata Penelitiannya: Okezone Edukasi

Uncategorized101 Dilihat

JAKARTA – Kemajuan teknologi mempunyai dua dampak, yaitu positif dan negatif. Dengan teknologi robot, orang cenderung meremehkan tugas dan tanggung jawabnya. Lantas, bagaimana teknologi robot dapat memengaruhi produktivitas manusia sehari-hari?

Dengan kemajuan teknologi robotika, banyak perusahaan dari berbagai bidang yang menggunakan teknologi ini. Tidak sedikit perusahaan yang menambahkan robot sebagai kemampuan tambahan untuk meningkatkan produktivitasnya. Meski dianggap positif, dalam sebuah penelitian, hal sebaliknya terjadi pada banyak contoh.

Laporan dari Scientific Times, Jumat (17/11/2023), studi dari Berlin Institute of Technology menunjukkan bahwa bekerja dengan robot bisa membuat manusia lambat dalam menjalankan tugas. Para ilmuwan meminta 42 sukarelawan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam gambar papan sirkuit. Namun, para ilmuwan memberi tahu separuh peserta bahwa papan mereka telah diperiksa oleh robot bernama Panda.

Metode penelitian

Kedua kelompok menghabiskan jumlah waktu yang hampir sama dalam bekerja. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok Panda lebih banyak melakukan kesalahan dan terdapat cacat dalam pengenalan.

Hasilnya, kelompok yang diberi perlakuan robot menunjukkan rata-rata kecacatan sebesar 3,3, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan rata-rata kecacatan sebesar 4,2. Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini mungkin terjadi karena kelompok lain tidak memindai dengan cermat karena mereka diberitahu bahwa robot telah memindai mereka.

“Dalam pekerjaan yang lebih lama, ketika tugas-tugasnya teratur, dan lingkungan kerja memberikan sedikit pemantauan kinerja dan umpan balik, hilangnya motivasi cenderung meningkat,” kata pemimpin peneliti Linda Omnasch.

Linda mengatakan dengan bantuan robot, motivasi masyarakat untuk memeriksa pekerjaannya menjadi berkurang sehingga teknologi tersebut dapat berdampak buruk pada hasil kerja.

BACA JUGA:

Sifat Kemalasan Sosial

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa masyarakat cenderung kurang memperhatikan saat bekerja dengan bantuan teknologi robot. Kebiasaan “kemalasan sosial” akan tercipta karena orang akan berusaha lebih keras ketika mengetahui bahwa orang lain akan membantu mereka dalam pekerjaannya.

Baca Juga  Kangen Cita Rasa Indonesia di Negeri Angin, Waseda Boys Cicipi Masakan Indonesia di Supermarket Belanda: Okezone Life

Dalam studi yang sama, peneliti menyatakan bahwa manusia kurang fokus ketika bekerja dengan robot secara berkelompok. Tak hanya itu, orang cenderung bekerja lebih santai ketika mengetahui “rekannya” bisa bekerja dengan baik.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Peneliti yang juga melakukan penelitian, Helene Cymek, mengatakan kerja kelompok memiliki kelebihan dan kekurangan. Kerja sama tim dapat memberikan motivasi kinerja yang tinggi, namun dalam beberapa kasus dapat menghilangkan motivasi mereka. Helene mengatakan orang akan menjadi malas karena tidak melihat kontribusi unik yang mereka berikan.

BACA JUGA:

Namun, bagaimana manusia memanfaatkan teknologi robot untuk menjadi “mitra” dalam kerja sama adalah hal yang wajib diketahui semua orang. Dampak robot terhadap kehidupan manusia juga bergantung pada cara manusia menggunakannya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *