Cara mencegah kanker payudara berulang : Okezone health

Uncategorized148 Dilihat

Sabar Kanker payudara memiliki risiko kambuh. Salah satunya adalah pengobatan yang tidak memadai, atau jenis kanker yang Anda derita.

Meski risikonya tetap ada, kekambuhan kanker sebenarnya bisa dicegah. Apa kabarmu? Baca artikel ini sampai akhir.

Konsultan Senior Parkway Cancer Centre dan Ahli Onkologi Dr Khoo Kei Siong menjelaskan, untuk menghindari risiko kambuhnya kanker, penting untuk melakukan perawatan secara komprehensif. Penanganan yang komprehensif, kata dia, mulai dari kemoterapi, radioterapi, hingga terapi target.

Bahkan, bila perlu, pasien kanker menjalani operasi pengangkatan payudara atau mastektomi. Tak hanya mendapat perawatan komprehensif, pasien kanker juga dianjurkan menjalani pemeriksaan patologi.

“Pada kasus kanker payudara misalnya, diperlukan tes diagnostik dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat lebih banyak sel kanker pada payudara dan kelenjar getah bening, sehingga kelangsungan hidup pasien akan meningkat,” kata Dr. Khoo saat ditemui. di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Sedangkan jika pada pemeriksaan patologi masih ditemukan sel kanker yang aktif, maka angka kejadian kanker berulang akan lebih tinggi. Oleh karena itu, pasien memerlukan pengobatan yang lebih agresif dan komprehensif.

Selain itu, pasien juga harus tetap melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit untuk melindungi diri dari kekambuhan kanker, termasuk deteksi gejala kanker sekunder.

Gejala manifestasi kanker yang kedua

Dr Khoo menjelaskan bahwa ada banyak gejala yang sesuai dengan jenis kanker kedua. Misalnya nyeri tulang yang berkepanjangan pada tulang. Jika hal ini terjadi, kemungkinan sel kanker akan menyebar hingga ke tulang.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Alasan Terbesar Francesco Totti Ogah Tergoda Real Madrid sedangkan Akui sebagai Fans Berat : Okezone Bola

“Jika kedua penyakit tersebut muncul di paru-paru, maka dapat menimbulkan gejala batuk berkepanjangan dan sesak napas, pembesaran kelenjar di leher atau lengan, serta gejala penurunan berat badan dan nafsu makan,” ujarnya.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, hal apa lagi yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kambuhnya kanker?

Menurut Dr. Khoo, untuk mencegah kekambuhan kanker, semua pasien kanker payudara harus diperiksa kekambuhannya. Apalagi bagi mereka yang mengalami mutasi genetik, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pasien juga harus menjaga pola hidup sehat, makan makanan sehat, dan rutin berolahraga,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *