Ciptakan Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik, Jokowi: Kita Pemain Global! : Ekonomi Zona Atas

Uncategorized17 Dilihat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia, di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, hari ini Rabu (3/7/2024).

“Hari ini kita telah memulai babak baru dalam mewujudkan tonggak sejarah komitmen kita untuk menjadi pemain global dalam ekosistem baterai sel EV dan kendaraan listrik,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi mengatakan Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Namun, kata dia, sumber daya alam tersebut dijual dalam bentuk mentah dan belum diolah.

Tapi puluhan tahun kita hanya memproduksi bahan mentah dalam bentuk bahan mentah, tidak ada nilai tambah tapi bahan kita semakin hari semakin habis, kata Jokowi.

Namun kini dengan dibangunnya smelter dan dibangunnya pabrik sel baterai kendaraan listrik, kita akan menjadi pemain global utama dalam rantai pasokan global kendaraan listrik, tambahnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang juga
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Jokowi juga berterima kasih atas keberanian CEO Hyundai Motor Group Euisun Chung yang di masa pandemi berani mengambil keputusan dan bekerja untuk memulai proyek besar tersebut.

Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Presiden Chung yang berani memutuskan sesuatu yang penting dalam kondisi pandemi, kata Jokowi.

Jokowi berharap Indonesia bisa menjadi pemain global dalam rantai pasokan kendaraan listrik.

“Ini sudah dimulai dan ini merupakan pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Jokowi yakin Indonesia mampu bersaing karena memiliki sumber daya produksi mobil listrik dibandingkan negara lain.

Baca Juga  Produk UMKM ini sukses menembus pasar internasional dan meraih penghargaan Shopee Super Awards 2023 lho! : Selebriti Okezone

“Dan saya yakin kita bisa memenangkan persaingan dengan negara lain karena tambang di sini, nikel di sini, bauksit di sini, tembaga di sini smelter, ke katoda dan prekursor. Lalu ke baterai EV, lalu ke baterai EV, lalu ke baterai EV. industri mobil sudah hadir, terintegrasi dalam ekosistem mobil listrik, siapa yang bisa menghentikan kita kalau kondisinya sangat kompetitif seperti itu,” kata Jokowi.

“Saya mengapresiasi investasi sebesar 20 triliun dari perusahaan mobil Hyundai dan kemudian sangat mengapresiasi paket besar ekosistem baterai listrik yang akan segera kami luncurkan pada hari ini yaitu kemitraan antara Hyundai dan LG dengan investasi sebesar 160 triliun rupiah yang akan berhasil. selesai secara bertahap.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *