Dukung Ganjar, Raja dan Ratu Kerajaan Nusantara Promosikan Upaya Pelestarian Tradisi: Okezone News

Uncategorized118 Dilihat

Tombol – setia Ganjar Pranowo Di kalangan raja, sultan, ratu dan tokoh adat di Indonesia yang berjejaring di Nusantara, raja bertekad untuk melestarikan tradisi, adat istiadat, dan budaya sang ayah.




Oba Nusantara mengunjungi fokus Festival Bahagia dan Menyenangkan Wasuemba bertajuk “Pikama maano kampo (makanan desa)” dalam rangka HUT ke-44 Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (18/11/2023)

Presiden Nasional KPH Dinasti Kepulauan Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannanngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan, menyampaikan apresiasi atas tingginya pengetahuan warga Desa Wasuemba dalam menjaga tradisi, seni, dan budayanya.

BACA JUGA:

“Keluarga Oba Nusantara bersyukur kami mendapat kehormatan untuk diundang kesini dalam upacara adat. Dan satu hal yang disyukuri oleh Oba Nusantara, apalagi tim pemenangan Pak Ganjar Pranowo hadir karena masyarakat disini cinta tradisi.dan tradisional banget,” tuturnya.

Ratusan talang atau kotak khas Buton yang berisi berbagai jenis makanan diolah dalam satu cara. Makanan ini berasal dari warga yang secara sukarela menyumbangkan hasil bumi dan makanannya.

Ribuan warga Desa Wasuemba dari empat desa terlihat berkumpul sambil duduk bersila saling menyambut hari raya, menunjukkan bahwa rasa persaudaraan dan kekeluargaan sangat kental.

“Kita tahu betul bahwa Wasuemba adalah desa yang sangat peduli terhadap kelestarian adat dan tradisinya. Jadi yang unik di sini adalah melihat situasi saat ini. Ada sekitar 5.000 orang yang berkelompok, nyatanya tidak. Hanya masyarakat Wasuemba saja, tapi seluruh keluarga baik Wasuemba maupun yang tidak tinggal di desa ini semuanya akan datang ke sini,” jelasnya.

Oba Nusantara juga mendukung kegiatan adat seperti ini demi menjaga tradisi, seni dan budaya leluhur sesuai dengan komitmennya.

Baca Juga  Kelemahan Wall Street, Penurunan Indeks Nasdaq: Zona Atas Ekonomi

BACA JUGA:

Kunjungi Muhammadiyah Sulsel, Ganjar Pranowo Bahas Bangsa dan Palestina

Selain perayaan ulang tahun desa, Oba Nusantara juga turut berbahagia atas dukungan tokoh adat, tokoh masyarakat, seniman dan tokoh budaya Kabupaten Buton terhadap Ganjar Pranowo.

“Ini contoh terbaik di Wasuemba. Semoga desa lain di Buton bisa melakukan acara seperti ini,” ujarnya.

La Sukuri selaku Ketua Panitia menyampaikan, HUT Desa Wasuemba ke-44 diwarnai dengan berbagai kegiatan seru selama empat hari, 15-18 November 2023.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya


Pada hari terakhir atau acara tertinggi diawali dengan tradisi pindoko atau ikan, pikama maano kampo (makanan desa), hingga kegiatan pencak silat atau manca dan perwakilan masyarakat Buton menari pajoge sebagai simbol kebahagiaan.

“Acara pertama sebenarnya tentang perahu nelayan yang ingin kita mulai mulai hari ini hingga tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Dalam karya ini juga hadir pencipta dan pendiri Sri Paduka Nusantara KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, Presiden Nasional KPH Oba Nusantara Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannanngang Satrio Sasmito dari Pemerintahan Gowa, Sulawesi Selatan.

Kemudian Sekjen Nusantara Oba Tengku Maliana Zufrine dari Kerajaan Padang Deli Sumut, dan YM Wa Ode KRAyT Endang Puspa Kirana dari Kerajaan Kali Susu, serta YM Sultan Buton ke-40 La Ode Muhammad Izzat Manarfa.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *