Erupsi lagi, Oke Marapi muncratkan abu setinggi 1.000 meter: Okezone News

Uncategorized15 Dilihat

PADANG – Meski posisi Gunung Marapi Sumbar turun dari tingkat getaran ke tingkat getaran, namun saat ini gunung tertinggi 3.891 meter di atas permukaan laut itu telah mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari puncak kawah.

Dari data pengamat gunung berapi, Gunung Marapi di Bukittinggi hari ini menyaksikan erupsi Guning Marapi, Sumatera Barat pada pukul 09:17 WIB dengan tinggi kolom abu menonjol 1.000 meter.

Kolom abu teramati berwarna abu-abu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15,9 mm dan durasi 34 detik, tulisnya dalam pesan, Senin. (8). /7/2024).

PVMBG mengingatkan warga dan pengunjung Oke Marapi untuk tidak boleh masuk dan melakukan aktivitas di area radius 3 km milik teman-teman Oke Marapi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran sungai, dan bantaran sungai yang bermuara di puncak Gunung Marapi harus selalu mewaspadai potensi bahaya lahar yang dapat terjadi, terutama pada musim hujan.

Untuk menghindari gangguan pernafasan (ISPA) dan gangguan kesehatan lainnya akibat abu vulkanik, masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Marapi sebaiknya menggunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan warna.

Selain itu jika abunya jatuh, Anda harus melindungi saluran air dan membersihkan atap bangunan dari tebalnya abu vulkanik agar tidak berjatuhan.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang juga
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(ha ha)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *