Ganjar: Bansos Kewajiban Negara, Tidak Bisa Diklaim Pihak Tertentu: National Okezone

Uncategorized92 Dilihat

JAKARTA – Isu kesejahteraan sosial menjadi topik menarik dalam debat final Capres 2024 di JCC Jakarta, Minggu (4/2/2024). Pendistribusiannya sewenang-wenang dan jumlahnya meningkat saat tahun politik, yang disebut-sebut dieksploitasi oleh beberapa pihak.

Persoalan ini terjadi saat calon nomor urut 3 2024 –usangan Partai Perindo – Ganjar Pranowo menanyakan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan. Ganjar menanyakan pendapat Anies soal pemerataan bansos dalam waktu dekat.

“Bansos itu kewajiban negara dan kita punya masalah karena banyak hak seolah-olah itu bantuan dari perorangan atau kelompok. Bagaimana Pak Anies menyikapi hal ini sehingga bansos tidak menjadi haknya sendiri, bisa jadi benar. tepat sasaran dan tidak menimbulkan rasa iri,” tanya Ganjar.

BACA JUGA:

Anies dengan penuh semangat menjawab pertanyaan Ganjar. Menurutnya, bansos adalah bantuan kepada penerimanya, bukan kepada pemberi bantuan.

Selain itu bansos harus kita berikan dengan pendataan yang baik, prosesnya melalui jalur birokrasi. Tidak dibagikan secara berkelompok, caranya, ” menekankan. Anies.

Usai perdebatan, Ganjar menegaskan, persoalan kesejahteraan sosial sebenarnya merupakan persoalan publik. Warganet mempertanyakan mengapa ada rekomendasi dari kelompok tertentu terkait pemberian bansos.

“Selain itu anggarannya juga meningkat dan biasanya pemberiannya meningkat di awal tahun ini. Jadi tentu kita minta masyarakat tahu apa yang sebenarnya terjadi,” ujarnya.

BACA JUGA:

Ganjar melanjutkan, persoalan kesejahteraan sosial saat ini banyak dipolitisasi. Hak ada di mana-mana dan seolah-olah berasal dari pihak mereka.

“Makanya kita tanya dalam diskusi agar masyarakat tahu. Di media, kalau ada survei, masyarakat harus menjawab opsi ini, kalau tidak bansos tidak akan diberikan. Hal seperti ini harus ada informasinya agar semua orang paham saat memilih,” tegasnya.

Baca Juga  Batas Punya BPJS Kesehatan Kelas 3? Ini Jawabannya : Okezone Ekonomi

Ganjar juga meminta seluruh masyarakat segera memantau permasalahan kesejahteraan sosial. Dengan DPR sebagaimana diminta orang yang mewakili untuk mengawasi.

“Aneh, kenapa (bansos) naik begitu tinggi. Mari kita kelola agar tidak dimanfaatkan. Jadi klaim-klaim yang muncul harus kita kelola agar tidak ada hak persatuan. Saya tegaskan, lembaga bantuan itu adalah sebuah kewajiban negara dan dipergunakan untuk rakyat,” tutupnya.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *