Ganjar Kunjungi Petani Indramayu, Pupuk Kembali Menjadi Masalah Penyebab Penurunan Produksi: Okezone

Uncategorized66 Dilihat

JAKARTA – Pupuk masih menjadi masalah yang dikeluhkan petani di banyak daerah di Indonesia. Keluhan soal pupuk juga terungkap saat calon presiden nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo bertemu dengan petani dan Serikat Petani Wanita (KWT) di Indramayu, Jawa Barat.

Saking sulitnya mendapatkan pupuk tersebut, para petani mengaku mengalami penurunan produksi, yang mana satu hektar seharusnya menyediakan minimal enam kuintal, kini hanya 3-4 kuintal. Oleh karena itu, mereka kerap meminta petani di ladang untuk membeli pupuk nonsubsidi.




“Jadi kami kembali dan melihat ke lokasi, dan ternyata pupuk masih menjadi masalah dan kami selalu mengeluhkannya. Keluhannya selalu sama setiap saya berkunjung untuk berdiskusi dengan para petani. “Saya sangat yakin data petani harus tertata, sistem distribusi harus ditutup dan nilainya ditingkatkan,” kata Ganjar dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Ganjar juga menegaskan subsidi harus terus berlanjut. Tanpa subsidi, kata dia, petani tidak akan memiliki kapasitas yang tinggi, termasuk sejumlah petani yang memiliki lahan sendiri sehingga harus tergabung dalam kelompok. Di sisi lain, Ganjar menegaskan masih perlu adanya perbaikan pada data petani.

“Subsidi harus tetap berjalan, karena petani ini adalah kelompok kecil perorangan, kepemilikannya masih sangat kecil. Jadi mereka harus digabungkan menjadi beberapa kelompok. “Jadi saya usulkan potan-gapotan dengan kerjasama,” kata Ganjar.

Selain pupuk, permasalahan lain yang kami keluhkan adalah pembibitan benih, menurut KWT Jatibarang. Mereka mengeluhkan minimnya sarana dan prasarana pendukung seperti rumah padi, mesin pengering, dan pertokoan. Selain menunjang pendapatan petani, KWT menyebutkan usaha lain yang bisa dikembangkan dari pembibitan. Artinya, Anda memerlukan dukungan permodalan dari perbankan.

Baca Juga  Berjam-jam di Pesawat, Lakukan 8 Hal Ini untuk Hilangkan Bosan Selama Penerbangan : Okezone Travel

Ganjar mengatakan “Saya melihat kelompok perempuan tani ini jelas mempunyai kemampuan dalam menghasilkan benih, mereka tinggal dibantu sampai mendapat sertifikat, agar benihnya bisa bersaing di pasaran, bahkan bisa dijual,” kata Ganjar.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Pasangan Ganjar-Mahfud sangat prihatin dengan permasalahan petani dan nelayan di Tanah Air. Untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan, Ganjar-Mahfud menjalankan program kebanggaan pertanian dan laut kita sejahtera, nelayan hidup. Kedua program ini merupakan bagian dari Program Sat Set 21 untuk mewujudkan ‘Lara, Pekerja dan Tenaga Indonesia’.

Bagi petani, Ganjar-Mahfud akan meningkatkan akurasi pasokan pupuk langganan kami dan memberikan asuransi usaha bagi petani. Sementara di kalangan nelayan, pasangan Ganjar-Mahfud memutuskan untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah pesisir dengan menjadi sejumlah nelayan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *