Gus Men: KUA Bisa Melayani Semua Agama, Tak Hanya Islam: Okezone Country

Uncategorized162 Dilihat

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Putra Gus) mengatakan, Kantor Urusan Agama (KUA) selain sebagai tempat pencatatan perkawinan bagi umat Islam. Namun juga akan digunakan sebagai tempat pencatatan perkawinan bagi non-Muslim.

“Kami mendapatkannya sejak awal KUA Kami akan menjadikan ini sebagai pusat ibadah keagamaan bagi semua agama. “KUA bisa dijadikan wadah perkawinan semua agama,” kata Men Guse, dalam Rapat Kerja Bimbingan Daerah Islam bertajuk ‘Transformasi Pelayanan dan Bimbingan Keagamaan Islam Sebagai Basis Pembangunan Nasional Berkelanjutan’, Sabtu ( 24/2/2024).

“Sekarang kalau kita lihat saudara-saudara kita yang non-Muslim, mereka mencatatkan pernikahannya di catatan sipil. Padahal seharusnya itu urusan Kementerian Agama,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan mengembangkan kerja KUA sebagai tempat pencatatan perkawinan agama selain Islam, ia berharap data perkawinan dan perceraian bisa lebih efisien.

Aula-aula yang ada di KUA juga diharapkan dapat dijadikan sebagai tempat ibadah sementara bagi umat non-Muslim yang masih kesulitan untuk mendirikan tempat ibadah sendiri karena faktor ekonomi, sosial dan lainnya.

“Saya masih berharap akan ada balai KUA “Yang sudah menyambut baik saudara-saudara kita non-Muslim yang masih kesulitan untuk memiliki gereja sendiri, baik karena tidak ada dana untuk membangun gereja atau karena alasan lain,” ujarnya.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

“Bantulah saudara-saudara kita yang non-Muslim agar bisa beribadah dengan sebaik-baiknya. Tanggung jawab umat Islam sebagai mayoritas adalah memberikan perlindungan terhadap adik-adik kita, bukan sebaliknya,” lengkap Gus Men.

Baca Juga  Klik disini! Berikut Link Live Streaming Madura United vs Persib Bandung pada Leg II Final Liga 1 2023-2024: Okezone Bola

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan pada tahun 2024 pihaknya akan meluncurkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan lintas agama. “Tahun ini kami juga akan meluncurkan KUA sebagai pusat kegiatan lintas fungsi dan lintas agama,” kata Dirjen.

“Keluarga besar Dirjen Bimas Islam menjadikan KUA di UPT binaan kami menjadi wadah kegiatan keagamaan seluruh lapisan masyarakat. Meski baru terbentuk di 5.917 komunitas lokal, namun sudah melayani komunitas yang tersebar di 7.277 komunitas lokal. masyarakat,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *