Harganas 2024 Digelar di Kota Semarang, Ribuan Peserta Seluruh Indonesia: Okezone Country

Uncategorized23 Dilihat

SEMARANG – Festival Hari Keluarga atau Harganas ke-31 menghadirkan banyak kegiatan menarik sepanjang minggu di Kota Semarang.

Panitia Harganas Kota Semarang 2024, Hernowo Budi Luhur mengatakan, kegiatan ini menarik sedikitnya 10 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

Mereka, kata Hernowo, akan mengikuti serangkaian acara yang digelar di berbagai lokasi di ibu kota Jawa Tengah. “Semua sudah terpenuhi, kami siap,” kata Hernowo yang juga menjabat Asisten Bisnis, Pembangunan, dan Pembangunan Manusia Pemkot Semarang itu.

Peluang yang ada kita manfaatkan. Mulai dari destinasi wisatanya. Bu Wali sudah ‘berhati-hati’ menata, mempercantik, dengan persiapan. pengumpan atau bus,” katanya.

Nantinya, tambahnya, bus tingkat Si Denok, Si Kuncung, dan Si Kenang akan beroperasi menuju destinasi wisata selama festival Harganas. “Bu Wali sangat perhatian, apalagi di hotel-hotel kami meminta oleh-oleh UMKM atau batik perwakilan Semarang agar bisa dijadikan oleh-oleh untuk tamu,” ujarnya.

Lanjutnya, selama sepekan ini akan banyak digelar kegiatan festival Harganas di berbagai lokasi di Kota Semarang.

Kegiatan Harganas ke-31 diawali dengan Fun Walk yang berlangsung pada Minggu, 23 Juni diikuti 5.000 orang dari seluruh Jawa Tengah.

Pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2024 akan berlangsung final apresiasi ASN BKKBN Keren dan AKHLAK, serta meluncurkan Logo ASN BKKBN Keren di PO Hotel Kota Semarang yang memiliki lebih dari 200 penelepon.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan acara wisuda di Balai Pemerintahan Kota Semarang. Dalam wisuda kali ini, ada 130 senior yang mengumumkan kelulusannya dari SMA Pancasila.

Selain itu, Jingle Dance Creation Challenge juga tersedia untuk kategori umum, dan inklusi/disabilitas.

Pada hari Rabu tanggal 26 Juni juga diadakan kelas akbar parenting dengan tema ‘Mengenali Luka Otak Orang Tua, Memperkenalkan Keluarga Penuh Kasih Sayang’ di Hotel Harris, Kota Semarang.

Berbeda dengan hal tersebut, kerjasama Direktorat Pengembangan Ketahanan Remaja (Dithanrem) BKKBN dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalin kerjasama tentang Siap Menikah di Kampus.

Baca Juga  Persija Jakarta Kalah 2-3 dari Arema FC, Thomas Doll Soroti Lini Pertahanan Tim: Okezone Bola

Dalam kerja sama ini, ahli keluarga akan hadir dan melakukan tes HB bagi peserta perempuan.

Tes HB digunakan untuk mengukur jumlah hemoglobin dalam darah. Tujuan dari tes hemoglobin adalah untuk mendeteksi secara dini gejala anemia secara umum.

Hernowo mengatakan “Ada 300 generasi muda yang akan mengikuti koordinasi persiapan pernikahan ini.

Kadang-kadang paparan ucapan akan diisi oleh Ahli Gizi Dr. Dr. Tan Shot Yen, M.Hum dengan aplikasi perencanaan keuangan untuk keluarga muda potensial, mengeksplorasi pengaruh pernikahan bagi keharmonisan dan strategi nutrisi untuk mencegah darah dan kesehatan yang lebih baik.

Ada pula apresiasi petugas lapangan dan apresiasi program Bangga Kencana oleh Direktorat Pengembangan Lapangan (Ditlinlap) BKKBN.

Pada ajang ini, Pemerintah Kota Semarang juga akan mendapatkan pengakuan terbaik dari Kompetisi Bangga Kencana Bidang Pengelolaan dan Percepatan Pengurangan Pencemaran Tingkat Nasional pada tahun 2024.

Kegiatan berlanjut, di Kampung KB Semarang diadakan Forum Pemberdayaan Masyarakat di Kampung KB sekaligus kegiatan bakti sosial DWP (Persatuan Wanita Dharma).

Pada hari Kamis, 27 Juni telah dilaksanakan pertemuan Kelompok Pemaju Penurunan Stunting (TPPS) dengan menjalin kemitraan percepatan intervensi simultan untuk menurunkan angka stunting.

Lalu, ada juga meluncurkan cetak biru Pembangunan kependudukan Indonesia tahun 2045 dalam rangka peningkatan kualitas integrasi dan sinergi kebijakan pembangunan kependudukan era Harganas.

Sementara itu, di Situs Pancasila, Simpang Lima Semarang, berlangsung pameran dan pekan raya dagang UPPKA (Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga) dan produk UMKM.

Di lokasi lain, seperti RS Militer, diadakan Baksos Sunat Massal untuk 100 anak dari luar dan dalam kota Semarang. Selain itu juga terdapat layanan donor darah dan KB di perusahaan yang bermarkas di PT SAMI Semarang tersebut.

Baca Juga  10 Situs Download Lagu MP3 Gratis : Okezone Techno

Pada Jumat, 28 Juni, Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk mengaktifkan kembali meja makan kembali (GKMM), yakni berupa ajakan makan sarapan keluarga yang bergizi.

Acara akan diadakan di Balai Diponegoro, Semarang dengan berbagai kegiatan seperti sarapan pagi bersama, fun games dan sosialisasi.

Malam harinya, kegiatan Harganas meliputi gala dinner dan penyerahan penghargaan situs Kencana Bangga 2024 di PRPP Semarang.

Puncak kegiatan Harganas akan digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang pada Sabtu, 29 Juni. Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dan mengikuti serangkaian acara termasuk penyerahan kehormatan Satyalancana Wira Karya ( SWK) pada tahun 2024.

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menegaskan, dalam perayaan Harganas topik yang akan diusung adalah pembelajaran konsep penyelenggaraan.

Mbak Ita mengatakan, salah satu alasan mereka memilih Semarang sebagai tempat puncak perayaan Harganas ke-31 adalah karena mereka yakin mampu mengatasi masalah keterlambatan.

Untuk itu, kelompok Anda akan mengundang seluruh elemen dan pemangku kepentingan terkait yang telah bekerja sama memerangi penyakit stuting di Kota Semarang untuk berpartisipasi dalam proyek ini.

“Kota Semarang berpeluang menjadi tuan rumah acara ini, salah satu alasannya karena mampu menekan angka penurunan sebesar 10 persen, dan menjadi model, cerita sukses terkait masalah penyerangan tersebut,” ujarnya usai rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6).



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(akan)

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *