Ilmuwan Temukan 35 Spesies Bakteri Baru, Salah Satunya Berasal dari Gigitan Anjing: Okezone Health

Uncategorized134 Dilihat

BERSAMA 35 jenis bakteri baru telah diidentifikasi oleh para ilmuwan di Rumah Sakit Universitas Basel, Swiss. Temuan ini menunjukkan berapa banyak patogen yang masih ada, namun belum diketahui manusia.

Melansir IFL Sciene, Kamis (10/1/2024), para ilmuwan menyebutkan banyak spesies bakteri yang berguna di klinik. Sehingga dapat membuka metode penelitian baru untuk memahami dan menemukan pengobatan jika Anda terinfeksi.

“Hubungan langsung antara spesies bakteri yang baru diidentifikasi dan relevansi klinisnya jarang dipublikasikan sebelumnya. Inilah mengapa penelitian seperti ini penting,” kata pemimpin ilmuwan, Dr. Daniel Goldenberger.

Goldenberger dan timnya telah mengumpulkan dan menganalisis sampel sejak tahun 2014, mempelajari total 61 bakteri patogen yang tidak diketahui dari orang-orang dengan berbagai kondisi medis.

Namun mengingat pengurutan gen bakteri ini sangat sulit, metode tradisional yang digunakan gagal membuahkan hasil, sehingga tim harus beralih ke metode yang relatif baru untuk menganalisisnya.

Mereka menggunakan pendekatan yang lebih modern, menggunakan algoritma untuk membandingkan urutan dengan strain yang diketahui, dan mengidentifikasi 35 spesies baru.

Dari jumlah tersebut, 27 diisolasi dari sampel jaringan dalam atau kultur darah dan, yang terpenting, tujuh di antaranya signifikan secara klinis, artinya dapat menyebabkan infeksi pada manusia dan 26 bakteri sisanya diklasifikasikan sebagai bakteri yang sulit diidentifikasi.

Goldenberger mengungkapkan sebagian besar spesies baru yang dikenali berasal dari dua genera, Corynebacterium (enam spesies) dan Schaalia (lima spesies).

“Banyak spesies dari kedua spesies ini ditemukan di mikrobioma alami kulit dan mukosa manusia. “Itulah mengapa hal ini sering diabaikan dan jarang diteliti,” kata Goldenberger.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Mahasiswa dan Ormas Umumkan Pemilu Damai 2024: Okezone Megapolitan

Bukan spesies baru yang menarik minat kelompok tersebut. Para ilmuwan juga berpendapat bahwa salah satu bakteri yang sulit diidentifikasi adalah patogen baru dan sedang berkembang. Ini pertama kali diisolasi dari luka gigitan anjing di Kanada pada tahun 2022.

Terlepas dari keberhasilan mereka, para ilmuwan harus melanjutkan penelitian mereka untuk membantu lebih memahami dampak klinis dan ekologis terhadap kelangsungan hidup umat manusia.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *