Ini Bahayanya Pakai Knalpot Balap, Mesin Motor Cepat Panas : Okezone Automotive

Uncategorized209 Dilihat

JAKARTA – Knalpot merupakan bagian kendaraan yang berfungsi sebagai saluran pembuangan.


Setiap mesin pembakaran pada suatu kendaraan pasti mengeluarkan produk sisa yang perlu dibuang.

Lalu bagaimana jika Anda sudah memodifikasi knalpot menggunakan model racing, apakah akan mempengaruhi performa Anda? Laporan dari berbagai sumber, Kamis (8/11/2023), simak ulasannya berikut ini.

1. Mesin cepat panas

Akibat gas buang yang lebih besar, otomatis Anda membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan sepeda motor cepat panas.

2. Polusi udara dan suara

Gas buang dari knalpot balap memang tidak sebaik knalpot sepeda motor. Hal ini terjadi karena knalpot balap biasanya tidak memiliki komponen catalytic converter yang berfungsi mengubah gas buang menjadi lebih ramah lingkungan.

Selain itu, knalpot balap seringkali menghasilkan tingkat kebisingan yang sangat tinggi.

3. Limbah minyak

Knalpot racing menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Bagian dalam knalpot racing memiliki bagian yang lebih sedikit sehingga gas yang dikeluarkan lebih banyak dan bahan bakar juga terbuang.

Hal ini berbeda dengan knalpot industri standar yang dirancang untuk mengeluarkan gas sesedikit mungkin agar hemat bahan bakar.

4. Risiko tiket

Banyak pemerintah daerah yang mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan knalpot balap di jalan raya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Tujuannya untuk melindungi lingkungan dari polusi angin dan suara yang berlebihan. Jika Anda melakukannya, Anda berisiko ditilang oleh pihak berwenang.

5. Membatalkan garansi

Pihak asuransi akan menanggung perbaikan atas permasalahan atau kerusakan pada sepeda motor, apabila sepeda motor masih dalam kondisi normal.

Baca Juga  Viral Jokes Terpilih Duluan Karena Beda Aliran, Netizen: Seperti Idul Fitri: Life of Okezone

Apabila terjadi modifikasi atau penggantian komponen yang tidak sesuai standar industri, maka pihak garansi akan menolak klaim yang diajukan.

Sekarang, Itulah resiko yang akan Anda alami jika memodifikasi knalpot balap. Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti knalpot, ada baiknya Anda berpikir ulang!

Shifaraudha Irma Nanda

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *