Jadi Sorotan Publik, KY Turunkan Tim Pantau Pertemuan Pegi Setiawan: National Summit

Uncategorized18 Dilihat

JAKARTA Dewan Yudisial (KY) menurunkan tim untuk memantau perkembangan sidang perdana tersangka kasus tersebut Pembunuhan Vina dan Eky. Tim pemantau dikerahkan karena kasus Pegi Setiawan terungkap ke publik.

“Kejaksaan telah menurunkan tim untuk memantau perkembangan penyidikan pertama kasus praperadilan atas penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky. KY menilai perlu dibatalkan karena ini adalah kasusnya. fokus perhatian semua masyarakat,” kata Juru Bicara Majelis Hakim Mukti Fajar Nur Dewata, Rabu (4/7/2024).

Upaya ini dilakukan sebagai upaya pencegahan atau antisipasi pelanggaran etik yang dilakukan majelis hakim yang mengadili perkara tersebut. Harapannya, putusan yang dikeluarkan hakim merupakan hasil independensi majelis hakim, ujarnya.

Ketua Tim Pengawasan dan Penyidikan Mahkamah Agung Joko Sasmito mengatakan, upaya pengawasan ini akan diulangi jika kasus Pegi Setiawan masuk dalam kasus pertama. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran kode etik hakim dalam putusan tersebut.

“Oleh karena itu, jika pokok laporan tetap dilanjutkan, maka pengawasan akan dilakukan kembali oleh Komisi Yudisial. Karena ini berkaitan dengan permasalahan yang menjadi perhatian masyarakat,” Salaye Joko.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Namun, Joko sepakat screening tingkat pertama tidak akan dilakukan di setiap persidangan.

KY hanya akan memantau pengujian dengan rencana yang relevan. “Ini menyusul momen-momen penting, misalnya pemeriksaan saksi-saksi yang dianggap penting, pertanyaan atau keputusan misalnya,” ujarnya.

“Karena ini untuk pencegahan jika ada pelanggaran perilaku yang dilakukan majelis hakim, hasil videonya juga bisa kita buka dari teman-teman yang peduli,” ujarnya.

Baca Juga  5 Fakta BSD dan PIK Jadi PSN, Rupanya Direkomendasikan Sandiaga dan Budi Gunadi: Okezone Aje

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *