Jaga Ruang Demokrasi, Mahasiswa UI Bela Konferensi Praperadilan Aiman ​​Witjaksono: National Okezone

Uncategorized99 Dilihat

JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Sandy Yudha Pratama Hulu mengatakan akan memantau perkembangan sidang praperadilan apakah penyitaan telepon seluler (HP) Aiman ​​Witjaksono atau tidak. Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berlaku sampai dengan berakhirnya. Hal ini untuk menjaga ruang demokrasi di Indonesia.

“Kami (mahasiswa FH UI) di sini sejak Senin, dalam perubahan memantau proses peradilan ini karena kita mempunyai visi yang sama, kita harus berbenah, dalam artian pemilu kita harus menciptakan ruang demokrasi yang merupakan demokrasi sejati, itu yang diperjuangkan Mas Aiman,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (23/2/2024).

Menurutnya, sebenarnya tak hanya Aiman, mahasiswa juga selalu mengikuti proses demokrasi di Indonesia. Mahasiswa juga mengkritisi kebijakan dan perilaku pejabat yang dapat merugikan prinsip demokrasi.

“Bagaimana kita melihat dan mengkritik kebijakan atau perilaku oknum yang dapat merugikan prinsip demokrasi kita,” ujarnya.

Ia menjelaskan, apa yang dialami Aiman ​​merupakan semacam kerusakan demokrasi dan Aiman ​​​​berjuang mengatasinya. Pasalnya, Aiman ​​merupakan seorang jurnalis yang menerapkan asas lex specialis pada dirinya.

“Soal dokter spesialis lex, Mas Aiman​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ Front telah dilindungi oleh hukum profesional, yaitu hukum pers.

Ia menambahkan, timnya akan terus memantau sidang pendahuluan yang diajukan Aiman ​​hingga ada keputusan. Kami berharap hakim dapat mengambil keputusan dengan hati nurani dan akal sehat.

“Apa pun hasilnya, kami serahkan kepada hakim yang terhormat karena hakim akan mengambil keputusan berdasarkan pendapat hukumnya,” jelasnya.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Jokowi ke Menteri: Pendapatan Tertinggi Siapa? Mendag dan Bahlil menjawab Luhut: Okezone Aje

(Ari)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *