Karena hasil penelitian tidak menjadi dasar kebijakan pemerintah, Ganjar menawarkan perjanjian kerja sama dengan IPB: National Okezone

Uncategorized117 Dilihat

BOGOR – Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan hasil riset perguruan tinggi tidak dijadikan landasan kebijakan pemerintah. Bahkan, hasil penelitian tersebut dinilai berpotensi untuk dijadikan nilai tambah ekonomi, salah satunya dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Banyak sekali hasil penelitian dari perguruan tinggi, misalnya IPB, kurang lebih 35 persen dari hasil penelitian yang berada di bawah IPB sendiri. Jadi jangan dikira kalau pemerintah sudah menerima pemerintah sebagai negara-bahasa. kebijakan,” kata Ganjar saat ditemui usai menghadiri acara Food & Drink. Konferensi Pertanian II dan Wawancara Calon Presiden Republik Indonesia 2024-2029, di International Convention Center IPB, Selasa (19/12/2023).




Menurutnya, hasil penelitian IPB menunjukkan mampu menyelesaikan banyak permasalahan terkait pangan. “Tadi Rektor (IPB) bilang, kedelai bisa kita perbaiki, bawang putih bisa kita perbaiki, tidak harus 100 persen,” ujarnya.

Menurutnya, hasil penelitian ini dapat menjadikan inovasi di bidang pangan. Oleh karena itu, disarankan banyak manfaat jika hasil penelitian dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

“Dari sudut pandang kedaulatan, saya rasa keputusan agromaritim yang dilakukan IPB sangat baik. Dan menurut saya ini adalah langkah tertinggi yang bisa kita ambil,” kata Ganjar.

“Jadi kegembiraan saya adalah dengan data ilmiah yang tersedia, kita harus bisa menangkapnya,” tambahnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya


Meski demikian, Ganjar mengaku sudah menawarkan perjanjian kerja sama dengan IPB untuk dipelajari guna dijadikan kebijakan jika terpilih menjadi Presiden RI ke-8.

Baca Juga  Cadangan Devisa Turun USD4,2 Miliar, Gubernur BI: Tidak perlu aman: Okezone Aje

“Saya kasih ke masyarakat, mau tidak mau kita buat kesepakatan di sana, kesepakatan itu harus dilakukan dalam waktu dua tahun. Pengetahuannya sudah ada, jalan sudah ada, pemerintah akan memberikan, Kita bisa melihat tanahnya dan kemudian bisa diukur hasilnya,” ujarnya.

Calon presiden yang diusung Partai Perindo ini pun berharap Indonesia bisa menjadi negara berdaulat dengan kerja sama tersebut. “Jadi saya kira kedaulatan pangan akan semakin optimis dengan apa yang dilakukan IPB,” kata Ganjar.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *