Kasus Covid-19 di Singapura meningkat signifikan, para ahli menyarankan masyarakat mendapatkan vaksin: Okezone health

Uncategorized149 Dilihat

Kenaikan Kasus Covid-19 yang terjadi di banyak negara seperti Singapura bahkan Malaysia telah menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Kasusnya meningkat begitu cepat hingga berlipat ganda di Singapura.

Terkait hal tersebut, dr Erlina Burhan, Dokter Spesialis Kanker Paru, mengatakan lonjakan tersebut kemungkinan disebabkan oleh kerja booster imunitas yang berkurang, sehingga antibodi manusia juga berkurang.

“Jika perlu, kami akan melakukan vaksinasi booster lagi. “Khususnya bagi para lansia dan penderita kanker,” kata dr Erlina di akun X miliknya @erlinaburhan, Kamis (5/12/2023).

Menurutnya, penambahan fasilitas lokal dapat membantu memutus laju penyebaran virus tersebut, apalagi saat ini menjelang libur akhir tahun, dipastikan akan banyak masyarakat yang berkumpul bersama teman dan keluarga untuk menikmati waktu tersebut.

Selain varian EG.5, WHO juga menaruh perhatian pada varian BA.2.86. Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia kini telah menaikkan status perbedaan tersebut dari ‘perbedaan istimewa’ menjadi ‘perbedaan yang diawasi’.

“Protein lonjakan pada varian ini mengalami 30 mutasi dan vaksin dapat menembusnya. Namun penyebarannya tidak bisa diperbaiki, kata dr Erlina.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Oleh karena itu, dr Erlina menunjukkan meski kemampuannya menulari sudah hilang, varian BA.2.86 bisa terus berkembang dan menjadi lebih kuat.

Untuk itu tidak ada salahnya jika masyarakat merasa khawatir, namun kekhawatiran tersebut bukan berarti tidak melakukan apa-apa, dengan tetap menjalani hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan menggunakan masker dapat dilakukan untuk membantu masyarakat terhindar dari virus tersebut.

“Jika mengalami nyeri seperti tenggorokan, batuk, pilek, demam, dan kelelahan, segera periksakan ke dokter,” kata dr Erlina.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Arya Saloka mengaku asyik melakukan perawatan mata, satu perawatan bisa menghabiskan biaya 8 jutaan: Okezone Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *