Kendaraan Bantuan Kemanusiaan Putaran Kedua Masuk Gaza: Okezone News

Uncategorized147 Dilihat

KAIRO – Konvoi kedua bantuan kemanusiaan dengan 14 truk memasuki Penyeberangan Rafah dari sisi Mesir ke Jalur Gaza yang dibatasi pada Minggu, (22/10/2023) malam, Juliette Touma, direktur komunikasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), mengatakan Reuters di Gaza melalui telepon dari Amman.




Para saksi melaporkan ledakan dan sirene ambulans di perbatasan sebelumnya.

Militer Israel mengatakan salah satu tanknya secara tidak sengaja menghantam posisi Mesir di dekat perbatasan Gaza.

Beberapa penjaga perbatasan Mesir menderita luka ringan setelah terkena pecahan tank Israel, kata juru bicara militer Mesir.

Seorang saksi dan sumber medis mengatakan tujuh orang terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Pasukan Pertahanan Israel “menyatakan kesedihan atas insiden tersebut, yang sedang diselidiki,” katanya dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sebanyak 19 truk berada dalam konvoi pada hari Minggu yang membawa pasokan medis dan makanan, sumber daya keamanan dan kemanusiaan seperti dilansir Reuters.

Konvoi pertama dengan 20 truk berisi bahan-bahan yang sangat dibutuhkan memasuki Gaza pada Sabtu (21/10/2023) melalui Rafah yang sudah beroperasi pasca pengeboman yang terjadi di perbatasan Jalur Gaza dan di tengah perselisihan mengenai kondisi pengiriman bantuan.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Distribusi bantuan dimulai pada hari Minggu, namun pekerja bantuan masih memperingatkan akan adanya bencana kemanusiaan karena persediaan makanan, air dan bahan bakar semakin menipis.

Israel telah memberlakukan blokade total dan melancarkan serangan udara ke Gaza sebagai tanggapan atas serangan mematikan terhadap gedung-gedung Israel oleh Hamas pada 7 Oktober.

Persimpangan Rafah, pintu masuk dan keluar utama Gaza yang tidak mengarah ke Israel, menjadi fokus dorongan penyaluran bantuan seiring dengan memburuknya kondisi kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga  Terjebak Pinjaman, Begini Kisah Bedu Jual Rumah Rp. 5,5 Miliar tapi Belum Terjual: Okezone Aje

Para pejabat PBB mengatakan setidaknya 100 truk setiap hari dibutuhkan di Gaza untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Sebelum pertempuran dimulai, ratusan truk tiba di daerah tersebut setiap hari.

Kepala Kemanusiaan PBB Martin Griffiths mengatakan kepada Reuters pada hari Sabtu bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk membangun sistem inspeksi “lunak”, di mana Israel dapat memeriksa pengiriman tetapi memastikan aliran yang berkelanjutan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *