Kenduri Swarnabhumi, Menjaga Peradaban Masyarakat Sungai Batanghari: Okezone News

Uncategorized35 Dilihat

JAMBI – Kenduri Swarnabhumi 2024, rangkaian perayaan kultural merupakan acara tahunan bagi masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari yang mengangkat tema “Menyatukan Masyarakat dengan Peradaban Sungai Batanghari”. menunjukkan pentingnya kemandirian dalam melestarikan kearifan lokal sebagai warisan leluhur dengan membentuk dan memperkuat kelompok kurator lokal dan pimpinan festival lokal.

Kelompok kuratorial daerah yang dibentuk terdiri dari 6 orang yang masing-masing telah mengkurasi 2 daerah dan bekerjasama dengan 2 pimpinan festival daerah yang tersebar di DAS Batanghari.

Dengan begitu, proyek Kenduri Swarnabhumi tahun ini turut meningkatkan semangat gotong royong dan kearifan masyarakat daerah dalam menampilkan kekayaan budaya lokal, serta mengagungkan ekosistem Sungai Batanghari sebagai urat nadi peradaban.

Tahun ini festival budaya Kenduri Swarnabhumi akan digelar di 10 kabupaten/kota se Provinsi Jambi dan 1 Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Seniman Budaya dan Pemelihara Daerah Kenduri Swarnabhumi 2024 Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Ja’far Rassuh menjelaskan, kemandirian masyarakat setempat dalam menyelenggarakan Kenduri Swarnabhumi merupakan pilar pertama dalam menjaga tradisi ini tetap hidup dan relevan di tengah pembaharuan.

“Kenduri bukan sekedar festival, tapi juga wujud kekuatan dan kemandirian masyarakat setempat. “Dengan kemandirian kita bisa menjaga dan mempertahankan budaya ini tanpa harus bergantung pada pihak luar,” pria yang menerima penghargaan dan medali emas sebagai Tokoh Kebudayaan Tahun 2024 dari Gubernur Jambi dalam Workshop bersama Kurator dan Direktur Kenduri. Festival Swarnabhumi, kata Jumat (7/06/24).

Menurutnya, kenduri merupakan ajang berkumpulnya masyarakat untuk berkumpul, berbagi, dan mempererat tali silaturahmi. Dengan mandiri maka seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dan merasakan manfaat dari kegiatan tersebut, hingga menyediakan fasilitas lokal untuk mengikuti berbagai kegiatan seni dan budaya.

Baca Juga  Pernah Dilempar Telur, Waktunya Shin Tae-yong Balaskan Dendam ke Korea Selatan di Perempatfinal Piala Asia U-23 2024? : Okezone Bola

Menurut Ja’far, keterlibatan masyarakat lokal dalam Kenduri Swarnabhumi 2024 merupakan langkah tepat dalam menjaga dan melestarikan budaya yang mereka tinggali dan tumbuhkan di tanah Jambi.

“Mereka (masyarakat) punya akar. Akar budaya lokal. “Hari ini Kenduri Swarnabhumi mengajak semua pihak untuk berpartisipasi langsung dalam proses kemajuan kebudayaan saat ini, saat ini, dan masa depan,” ujarnya.

Menurut Ja’far, kehadiran kurator sangat penting karena perannya tidak hanya mengembalikan budaya lokal, tapi juga berkontribusi mulai dari perencanaan festival budaya hingga pelaksanaannya.

“Kehadiran kurator juga harus fungsional dalam memperlancar hubungan antara pelaku budaya dengan benda dan lingkungannya. “Bagaimana cara berkomunikasi dengan semua orang,” lanjutnya.

Selain itu, menurut Ja’far, setiap rangkaian festival budaya Kenduri Swarnabhumi perlu menyampaikan cerita dan misi yang sama, yaitu bagaimana masyarakat dapat terhubung kembali dengan Sungai Batanghari agar masyarakat dapat mengingat pentingnya peran alam dalam berbicara peradaban sosial.

Sementara itu, Direktur Festival Kota Jambi, Hendry Nursal, menegaskan acara tahun ini dirancang untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat setempat.

“Kami berupaya melibatkan sebanyak mungkin masyarakat lokal dalam persiapan dan pelaksanaan acara tersebut,” ujarnya dalam diskusi bersama penyelenggara dan direktur festival, Kamis (05/06/24).

Hendry juga menambahkan, dukungan dari banyak elemen masyarakat sangat dibutuhkan, baik dari pemerintah, swasta, masyarakat, dan khususnya generasi muda. Menurutnya, pentingnya acara ini untuk menunjukkan bahwa dengan kemandirian maka masyarakat bisa menyelenggarakan Kenduri Swarnabhimi yang tidak hanya meriah namun juga berkelanjutan.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Cek Sembako Gratis dan Cek Kesehatan Gratis, Caleg Perindo Group: Komitmen Sejahterakan Masyarakat: Okezone Aje

“Kami ingin menunjukkan bahwa dengan kerja sama dan kemandirian, kita bisa mewujudkan sebuah acara yang memberikan dampak positif bagi semua pihak,” imbuhnya.

Kenduri Freedom bukan hanya tentang melestarikan tradisi, namun tentang menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Padahal, Kenduri Swarnabhumi 2024 banyak melibatkan partisipasi aktif generasi muda setempat. Pembina dan Direksi Festival yang merupakan masyarakat setempat mengapresiasi seluruh kelompok yang memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk secara mandiri mengelola acara Kenduri Swarnabhumi 2024.

“Kami berharap generasi muda dapat melihat pentingnya kemandirian dan kerjasama dalam menjaga kebudayaan kita,” kata Hendry.

Melalui Kenduri Swarnabhumi 2024, dewan dan masyarakat Jambi memberikan contoh nyata bagaimana kemandirian bisa menjadi kekuatan utama dalam melestarikan dan meningkatkan budaya lokal.

“Ini merupakan langkah awal dan kami berharap dapat melanjutkan dan mengembangkannya di tahun-tahun mendatang,” tutupnya.

Kenduri Swarnabhumi 2024 melangkah lebih jauh dengan mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam melestarikan kawasan Sungai Batanghari dan kekayaan budayanya.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *