Kilang Balikpapan Siap Produksi 360 Ribu Barel Minyak Per Hari: Okezone Aje

Uncategorized32 Dilihat

JAKARTA – Pertamina akan meningkatkan produktivitas Kilang Balikpapan. Sebelumnya kapasitas produksinya 260 ribu barel per hari kini ditingkatkan menjadi 360 ribu barel per hari.

Unit Kilang Internasional Pertamina (KPI) Balikpapan sedang melaksanakan proyek Turn Around (TA) Revamp atau pemeliharaan berkala untuk meningkatkan kapasitas produksi. Pada pengolahan ini, proses pengoperasian unit kilang eksisting diintegrasikan dengan unit kilang baru yang merupakan bagian dari rencana pengembangan kilang RDMP Balikpapan.


Tersambungnya unit kilang tersebut akan menjadi monumen bersejarah bagi Kilang Balikpapan, karena produksinya akan meningkat.

Proyek TA Revamp yang diperkirakan berlangsung selama 58 hari, sejauh ini berhasil memenuhi tujuan pembangunannya. Hal ini disampaikan General Manager PT KPI Balikpapan Unit Arafat Bayu Nugroho dalam sambutannya pada acara Great Toolbox Meeting.

“Saya juga mengucapkan terima kasih, progres pelaksanaan TA Revamp sudah sesuai dengan tujuan. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan sesuai tujuan,” kata Bayu, Senin (11/3/2024).

Progres pelaksanaan reformasi TA Kilang Pertamina Unit Balikpapan hingga saat ini telah mencapai sekitar 50%. Selain itu, terdapat 51 unit pekerjaan atau titik sambung yang dibuat bersama antara PT KPI Unit Balikpapan dengan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB).

Dalam Toolbox Meeting besar ini, Bayu juga mengingatkan kita untuk selalu mengedepankan titik keamanan.

“Sekali lagi alhamdulillah semuanya aman. Tetap utamakan keselamatan, berangkat dengan APD lengkap, bekerja dengan prosedur yang benar, menggunakan peralatan yang sudah diperiksa. Jaga bersama. Lalu kita juga harus saling menjaga. kiri, depan dan belakang , kami bersaudara. “Kami satu kelompok, kami ingin mereka aman,” tegas Bayu saat memberikan arahan kepada kelompok tersebut.

Pertemuan Big Box Toolkit ini dihadiri oleh Manajemen, Staf Unit PT KPI Balikpapan, Staf Pendukung Antar Unit, dan mitra pelaksana TA Revamp.

Baca Juga  Saran Pakar Griffith University untuk Mencegah Wabah Pneumonia: Studi Okezone

Salah satu peserta Great Toolbox Meeting dari PT Panca Putra Mulia Hari Purwanto menceritakan risiko yang dihadapinya selama bekerja dan cara mengantisipasinya.

“Saya kerja di buku HSC C120. Karena bahayanya kerja di ketinggian, pemberangkatannya memakai full body harness. Kemudian untuk mengurangi kekurangan oksigen di ruang tertutup, “Kita bisa memakai masker oksigen dan melakukan tes gas terlebih dahulu,” kata Hari.


Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Sekadar informasi, Toolbox Meeting merupakan salah satu kegiatan rutin dan terencana dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebelum dimulainya pekerjaan. Toolbox conference besar yang diadakan secara besar-besaran ini dirancang sebagai media koordinasi untuk memberikan informasi kepada karyawan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan K3, termasuk informasi penjelasan prosedur, permasalahan seputar K3 (kinerja kecelakaan, temuan yang tidak konsisten), pelatihan singkat bagi staf dan informasi lainnya.

Sementara itu, Presiden HSSE PT KPI Unit Balikpapan, Binsar Butar Butar berharap tidak terjadi apa-apa selama proyek ini berlangsung. “Sahabat dapat mengidentifikasi satu sama lain. Sebelum mulai bekerja, pastikan untuk mengidentifikasi apa saja risikonya. Kedua, tentukan mitigasinya, kemudian upayakan untuk mengendalikan seluruh risiko. Kita doakan bersama agar semuanya dapat bekerja dengan lancar dan aman, jelas Binsar.

Vice President Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, proses peralihan dari kilang eksisting ke kilang baru merupakan proses yang kompleks, sehingga perlu kehati-hatian dalam proses pemeliharaannya untuk mendukung pengembangan RDMP Balikpapan guna meningkatkan kapasitas energi terbarukan. . . “Kami berharap prosesnya berjalan lancar sehingga dapat selesai sesuai tujuan dan kilang Balikpapan menjadi kilang produksi terbesar di Indonesia dengan kapasitas 360 ribu barel per hari,” kata Fadjar.

Baca Juga  Terjebak Pinjaman, Begini Kisah Bedu Jual Rumah Rp. 5,5 Miliar tapi Belum Terjual: Okezone Aje

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung tujuan Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan layanan Pertamina.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *