KPU Harus Bertanggung Jawab dalam Peningkatan Data C1 dan Analisis Sirecap Independen: National Okezone

Uncategorized43 Dilihat

JAKARTA – Direktur Eksekutif Needem Khoirunnisa Nur Agustyati mengatakan Sistem Informasi Pemilu (Sirekap) yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus diaudit dan diselidiki oleh lembaga independen.

Memperhatikan review Sirekap dirasa penting untuk mengetahui cara kerja aplikasi ini. Misalnya ketika aplikasi Sirekap tidak bisa membaca foto C.1, dengan pemeriksaan publik kami mengetahui masalahnya.

“Yang bisa dilakukan dan memang harus audit independen, jadi yang melakukan audit bukan KPU sendiri, tapi kelompok independen yang melakukan audit,” kata Khoirunnisa di Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2024).

BACA JUGA:

Ia juga meminta KPU memperbaiki hasil data C1 yang tidak konsisten atau berbeda dengan yang ada di aplikasi Sirekap. Karena seperti yang Anda katakan, Sirekap adalah alat kontrol daerah terhadap hasil pemilu berkala.

“Sikap yang sangat bisa kita dorong adalah KPU harus segera tanggap memperbaiki kesalahan dan yang penting C1 terbit dan bisa diakses semua orang karena ini cara masyarakat mengendalikan perilakunya. ” dia berkata. .

“Walaupun Sirekap itu aplikasi, tapi bukan hasil resmi, tapi data untuk proses koreksinya, datanya akan diterima dari Sirekap. Jadi kalau data Sirekapnya salah, kemungkinan besar proses koreksinya salah, jadi datanya harus benar. benar, Sirekap pasti normal,” lanjutnya.

BACA JUGA:

Tidak dapat diterima jika aplikasi ini justru ditutup sebagai aplikasi penghitungan suara untuk beberapa waktu. Karena tidak mudah jika harus bergantung pada perusahaan pemantau pemilu yang mencakup lebih dari 800 ribu tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Penutupan Sirekap menurut saya bukan solusi, malah menurut saya justru akan menimbulkan kebingungan. Bagaimana lagi kita cek ke masyarakat. Malah kita tahu ada masalah di sana-sini karena terbuka. Ya, Terbuka, tapi KPU harus bisa menjawab apa yang dikatakan terjadi,” lanjutnya



Baca Juga  Simak latar belakang pendidikan Kepala Staf Ketua TPN Ganjar-Mahfud Regi Wahyu: National Okezone

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *