Manfaat Inovasi Wolbachia, Mampu Pangkas Biaya Penanganan DBD hingga Rp 9 Miliar: Okezone Health

Uncategorized62 Dilihat

MELEPASKAN Kesehatan (Kementerian Kesehatan) memanfaatkan bakteri wolbachia sebagai salah satu cara mengendalikan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Teknologi ini pada dasarnya menggunakan bakteri Wolbachia dalam tubuh yang terdapat pada 60 persen cacing.

Bakteri tersebut kemudian disuntikkan ke nyamuk Aedes aegypti, hingga menetas dan menghasilkan nyamuk Aedes aegypti yang ber-Wolbachia. Akhirnya populasi Aedes aegypti menurun dan digantikan oleh nyamuk Aedes aegypti yang ber-Wolbachia.

Seseorang yang digigit nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia tidak akan menularkan penyakit demam berdarah ke manusia. Pasalnya, pertumbuhan virus dengue berhasil dihambat oleh bakteri Wolbachia.

Metode Wolbachia yang diterapkan di Yogyakarta selama 10 tahun terakhir telah memberikan dampak bagi masyarakat, khususnya pada kasus DBD. Dosen sekaligus peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D mengatakan, setelah virus Aedes aegypti wolbachia dilepasliarkan di Yogyakarta, membuahkan hasil yang signifikan.

Angka kejadian DBD (Yogyakarta) lebih rendah 77 persen dan angka rawat inap 86 persen, hasil fogging baru bisa berkurang 83 persen, ujarnya dalam webinar bertajuk ‘Atasi DBD dengan Wolbachia’, Jumat ( 24/11/2023).

Tak hanya itu, Profesor Uut mengatakan pendekatan Wolbachia mengurangi biaya rumah sakit dengan menggunakan BPJS.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


“Dengan penurunan kasus DBD yang terobati sebesar 86 persen, kita lihat dari sisi penghematan pasien BPJS. Kita ingat sekitar tahun 2017 di suatu daerah bisa sampai Rp 8-9 miliar untuk DBD, ini maksimal penghematan yang besar. “dia berkata.

Profesor Uut juga mengatakan, penghematan juga terjadi pada anggaran fogging yang awalnya 200 kali lipat, kini hanya sembilan kali lipat.

“Dinas Kesehatan Jogja bilang penghematannya (fogging) sekitar Rp 200 juta. Uangnya bisa disesuaikan untuk melakukan berbagai aktivitas, dalam skala kecil,” ujarnya.

Baca Juga  Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan ParagonCorp ke Palestina: Okezone News

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *