Melancarkan Serangan Besar, Rusia Klaim Rebut 5 Desa Ukraina di Kharkiv: Okezone News

Uncategorized32 Dilihat

MOSKOW Rusia mengatakan pada Sabtu (11/5/2024) bahwa pasukannya telah merebut lima desa perbatasan di wilayah Kharkiv Ukraina, tempat pasukan Rusia melancarkan serangan pada Jumat (10/5/2024) demi kemajuan ketinggian mereka di medan perang di Ukraina bagian barat.

Dalam pengarahannya pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa pasukan Rusia telah merebut desa Pletenivka, Ohirtseve, Borysivka, Pylna dan Strilechna, yang semuanya berada tepat di perbatasan Rusia.

Pengarahan tersebut juga mengatakan bahwa pasukan Rusia telah merebut desa Keramik di wilayah Donetsk lebih jauh ke selatan, di mana Moskow telah membuat kemajuan yang lambat namun stabil sejak merebut bekas benteng Avdiivka di Ukraina pada bulan Februari.

Para pejabat Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa Rusia telah melancarkan serangan lintas batas baru ke wilayah Kharkiv, yang berpusat di sekitar kota Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Rusia melanjutkan serangannya ke wilayah Kharkiv pada hari Sabtu dan mencoba menyerang lebih jauh, kata Gubernur Kharkiv Oleh Syniehubov, seperti diberitakan. Reuters.

Pasukan Rusia pertama kali menyerang wilayah Kharkiv pada Februari 2022, namun berhasil diusir dari sebagian besar wilayah tersebut oleh serangan rudal Ukraina pada bulan September tahun itu.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Wilayah tetangga Rusia, Belgorod, sering menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak dan rudal Ukraina.

Ketika ditanya pada bulan Maret apakah pasukan Rusia mungkin perlu merebut wilayah Kharkiv, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan satu-satunya cara untuk melindungi wilayah Rusia dari agresi Ukraina adalah dengan menciptakan zona penyangga yang akan menempatkan wilayah Moskow di luar jangkauan pasukan Kyiv. .

Baca Juga  BCL dan Tiko Aryawardhana Menikah di Amankila Bali, Harga Mulai Rp 500 Jutaan : Okezone Celebrity

Rusia menguasai sekitar 18% wilayah Ukraina – di timur dan selatan – dan telah diberdayakan oleh kegagalan oposisi Kyiv pada tahun 2023 untuk memperoleh keuntungan signifikan melawan kekuatan Rusia.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *