Melihat! Besok Pelabuhan Ciwandan mulai membatasi pergerakan barang : Okezone News

Uncategorized26 Dilihat

BANTEN – Pelabuhan Ciwandan mulai memberlakukan pembatasan operasional angkutan kargo pada hari Jumat tanggal 5-16 April 2024 pukul 09.00 WIB.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan pembatasan tersebut sesuai dengan Nomor Perusahaan (SKB): KP-DRJD 1305 Tahun 2024, SKB/67/11/2024, 40/KPTS/Db/2024 pada tanggal 5 Maret 2024 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas Polri dan Kementerian PUPR.

Shelvy menjelaskan, dalam SKB tersebut diputuskan pembatasan kendaraan pengangkut barang berlaku untuk kendaraan barang dengan 3 gandar atau lebih, kendaraan barang dengan kereta dan trailer terpasang, serta gerbong barang yang membawa hasil tambang, hasil tambang, dan bahan bangunan. Ruas Tol Jakarta – Merak merupakan salah satu ruas jalan yang dibatasi pelayanan angkutan barang.

“Kalau mengacu pada SKB, mulai besok angkutan kendaraan logistik melalui Pelabuhan Ciwandan akan dikurangi, khususnya untuk kelas VII. Jadi harapan kami Pelabuhan Ciwandan bisa dimaksimalkan untuk sepeda motor dan truk logistik kelas VI,” kata Shelvy. desainer, Kamis (4/4/2024).

Shelvy mengatakan, untuk melayani operasional wisatawan sepeda motor melalui Ciwandan, ASDP juga telah aktif berkoordinasi dengan BPTD Kelas II Banten sebagai regulator untuk menyiapkan 7 kapal berkapasitas sangat besar untuk melayani penyeberangan melalui dermaga 3, 7 dan 5a stasiun Ciwandan. yaitu KMP Kumala, KMP Als Elvina, KMP Wira Artha, KMP Dorothy, KMP Rajakarta, KMP Panorama, dan KMP Amadea dengan total 21 perjalanan per hari.

Guna menghindari antrean kapal akibat beroperasinya Pelabuhan Ciwandan, Shelvy menjelaskan prosedur Keluar dan Keberangkatan (TBB) akan diterapkan di dermaga 4 dan 6 Pelabuhan Bakauheni serta prosedur Penerimaan dan Keberangkatan (TMB) di dermaga. 3, 7 dan 5a Pelabuhan Ciwandan serta Pelabuhan 4 dan 7 Merak,” jelasnya.

Baca Juga  Awal Kram, Ternyata Ada Belut Hidup di Perut Pria Ini! : Gaya Hidup Okezone

Sementara itu, kata dia, berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (waktu 3 April 2024 pukul 08.00 WIB hingga 4 April 2024 pukul 08.00 WIB), tercatat sebanyak 2.435 kendaraan roda dua dan 1.211 kendaraan logistik telah diangkut pergi. ke Bakauheni. . Total hasil produksinya mencapai 3.646 unit mobil.

Data produksi ASDP menunjukkan angkutan mobil yang berbelok ke Ciwandan yakni kendaraan roda dua atau golongan I, II dan III masih diguyur hujan hingga sore ini. Di sisi lain, lalu lintas truk yang didominasi kelompok VI dan VII sejak kemarin sangat padat, namun tercatat ramai lancar hingga sore ini, kata Shelvy.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang juga
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Tercatat truk golongan VIB dan VII mengalami peningkatan sejak pertama kali berangkat Rabu dini hari menggunakan KMP Kumala pada pukul 01.30 WIB. Keadaan ini sudah diprediksi sebelumnya, jika dilihat dari data jumlah reservasi tiket ASDP hingga pagi hari ini menunjukkan bahwa reservasi tertinggi untuk rute Ciwandan-Bakauheni terjadi pada pemberangkatan pertama dengan tingkat reservasi yang mencapai 82,49% dari total share kami. menyediakan

Saat ini jumlah pemesanan tiket sepeda motor online mulai H-7 hingga H-1 masih sebanyak 10.128 unit atau 26,9% dari total unit yang tersedia. Shelvy mengimbau kepada pemudik yang melalui Ciwandan segera memesan tiket secara online secara leluasa demi menjaga kelancaran dan kenyamanan semua pihak selama arus domestik.

“Khusus bagi yang melalui Stasiun Ciwandan, kami berharap pengguna jasa sudah melakukan pembelian tiket yang tersedia secara online melalui aplikasi Ferizy paling lambat 1 hari pemberangkatan. Pemudik diminta menjadwalkan waktu keberangkatan sesuai jadwal yang dibeli. “Jaga tenaga kapal dan pemudik itu sendiri, agar perjalanan pulang bahagia dan penuh makna, selamat sampai tujuan dan kembali pulang saat air pasang kembali nanti,” jelasnya.

Baca Juga  Dua Hari Hilang, Santri Ditemukan Mengambang di Muara Cisokan, Cianjur: Okezone News

Jalur Ciwandan-Bakauheni sepanjang 18 mil akan memakan waktu sekitar 120 menit.Sebanyak 10 kapal akan beroperasi penyeberangan melalui dermaga 3, 7 dan 5 pelabuhan Ciwandan yaitu KMP Kumala, KMP Als Elvina, KMP Wira Artha, KMP Dorothy , KMP Trimas Fhadila, KMP Rishel, KMP Titian Nusantara, KMP Rajakarta, KMP Panorama dan KMP Amadea dengan total 21 perjalanan per hari.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *