Mengenal Buah Lahung Khas Dayak Kalteng, Penangkal Stres yang Mulai Jarang Didapatkan: Okezone Travel

Uncategorized156 Dilihat

KALIMANTAN memiliki berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan yang tergolong langka. Selalu, buah Hal langka ini dapat dilihat pada musim-musim tertentu.

Salah satunya tampak seperti buah lahung (Durio dulcis) atau durian liar merupakan buah khas Kalimantan yang bahkan bisa ditemukan di wilayah tersebut kalimantan Tengah (Kalimantan Tengah) yang memiliki luas hutan lebih dari sepuluh juta hektar.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, buah unik ini semakin langka. Kulitnya memiliki duri seperti durian dan berwarna coklat kemerahan.

Aroma buah lahung ini tidak menyengat, berbeda dengan durian. Buah abadi asal Kalimantan ini memiliki warna yang khas dan aroma yang kuat.

(Foto: Instagram/@generasibiologi)

Rasa buah lahung terbilang unik, karena tidak terlalu manis dan cenderung pahit, disertai dengan kandungan lemak saat dimakan.

Pohon buah Lahung berbuah pada musim panas sehingga membuat buah ini sangat langka dan jarang ditemui dipasaran. Toh buah lahung ini berasal dari Barito Timur (Bartim) dan Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah.

Pohon adalah hantu Durio Ini (durian) biasanya tumbuh setinggi 40 meter.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Durian jenis ini dapat dikenali dari warna buahnya yang merah tua hingga merah kecoklatan, serta memiliki duri tipis sepanjang 15-20 milimeter.

Harga buah lahung bervariasi tergantung besar kecilnya buah. Misalnya untuk ukuran kecil hingga sedang harganya berkisar Rp 40.000, sedangkan untuk ukuran besar harganya mencapai Rp 50.000.

Selain buahnya, kayu lahung juga dapat dimanfaatkan kayunya dan dapat diolah menjadi papan kayu. Lagipula, buah lahung juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, bahkan bisa membantu mencegah stres.

Baca Juga  Bawaslu Himbau ASN Tak Ikut Pilkada: Kerjakan Saja Sesuai Kuota: Okezone Nasional

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *