Mengenal Trites, Sajian Makanan Unik Karo yang Terbuat dari Rumput Kotoran Sapi: Okezone Travel

Uncategorized118 Dilihat

SUMATRA Utara mempunyai banyak tradisi dan makanan khas dari masing-masing suku Batak yang menjadi ciri khasnya.

Seperti suku Batak Karo dengan kuliner khasnya yaitu Trites yang dalam bahasa Karo berarti ‘pahit’ dan merupakan makanan halal yang bisa dicoba oleh banyak kalangan.

Trites adalah masakan khas Karo yang disebut juga Pagit-Pagit, yaitu sup berwarna gelap yang terbuat dari rumput yang berasal dari perut besar sapi.

Meski berasal dari sapi, namun yang mereka lakukan bukanlah kotorannya, melainkan pemusnahan makanan yang tidak dimakan sapi tersebut.

Faktanya, sapi dapat memakan makanan yang telah disimpan di perutnya, dimana ia dapat mengeluarkan makanan dari mulutnya, dan memakannya kembali di dalam sistem pencernaannya, sehingga menghasilkan kotoran.

Oleh karena itu masyarakat Karo akan mengolah basi tersebut dengan menggunakan rumput dari kotorannya yang juga bagus untuk diolah.

Proses produksinya masih menggunakan cara tradisional yaitu rumput dibunuh dengan menggunakan kain tebal untuk diambil airnya, dibilas selama 3 jam menggunakan kayu bakar, sehingga menghasilkan air yang manis dan gurih.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Tak hanya itu, untuk menghilangkan bau amis mereka menggunakan bumbu-bumbu terlebih dahulu seperti kayu cingkam atau kayu gadog dan kecombrang.

Tambahkan juga berbagai bumbu lainnya agar terasa nikmat, seperti paprika, bawang bombay, kemiri, kelapa parut, santan, dll.

Makanan ini juga disantap pada saat perayaan adat, pernikahan, panen raya, dll. Selain itu Trites juga bermanfaat bagi tubuh dalam mengobati luka, melancarkan sistem pencernaan, dan membantu mencegah rasa dingin pada tubuh.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Donny Kesuma Meninggal Dunia, Omo Olododo: Selebriti Okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *