MUI: 1 Syawal 1445 H Jadi Kekuatan Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024: Okezone Country

Uncategorized28 Dilihat

JAKARTA Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, Idul Fitri 1445 Hijriah mempunyai peran yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk menyambung persatuan dan persaudaraan pasca dilaksanakannya pemilihan umum, baik presiden maupun presiden. pemilu legislatif. .

Ni’am mengatakan “Tahun persatuan ini adalah tahun persaudaraan, sekaligus upaya rekonsiliasi nasional setelah terpecah belah oleh perbedaan politik dan persatuan di satu tempat serta keputusan kita untuk membangun bersama mengenal baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” kata Ni’am. Ni’am. kepada wartawan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Selasa (9/4/2024).

Lanjut Ni’am, penetapan tanggal Idul Fitri berdasarkan data hasil statistik yang diverifikasi rukyat oleh 127 kelompok ruktahul hilal atau kelompok pemantau hilal di seluruh Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Hal ini sudah tepat dan karena sudah sepantasnya, pemerintah sebagai penguasa urusan masyarakat berwenang mengambil keputusan setelah mengambil pandangan agama dan pandangan agama itu dikeluarkan dan kemudian Ulil Amri selaku Menteri Agama memutuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada tanggal-tanggal berikut. . tanggal 10 April 2024,” kata Ni’am.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada Kamis (10/4/2024). Keputusan itu diambil usai Kementerian Agama menggelar rapat Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

(ha ha)

Baca Juga  Jadwal imsak dan waktu sholat bulan ini Februari 2024 Jakarta dan sekitarnya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *