Nilai Mata Uang Pasuruan-Probolinggo Naik Mulai Besok, Ini Daftarnya: Okezone Economy

Uncategorized88 Dilihat

JAKARTA – Tarif Uang jalan Pasuruan–Probolinggo (Paspro) Ruas Grati-Probolinggo Timur akan menggunakan tarif baru di Ruas Probolinggo-Gending Timur mulai hari Minggu pukul 00.00 WIB.

Reformasi perpajakan dan penerapan pajak baru dilakukan berdasarkan perintah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 418/KPTS/M/2024.



Penyesuaian harga dan penerapan pajak baru berlaku untuk semua kategori kendaraan dengan pajak yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan pengguna jalan. Dengan adanya penyesuaian harga di Ruas Grati-Probolinggo Timur, pengguna jalan dengan kendaraan golongan I dari Grati hingga Tongas, Probolinggo Barat, dan Probolinggo Timur masing-masing akan dikenakan tarif Rp17.000, Rp26.000, dan Rp40.000.

Bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan II dan III dari asal dan tujuan yang sama akan dikenakan tarif Rp 25.500, Rp 39.000, dan Rp 60.000. Kemudian, pengguna jalan dengan mobil golongan IV dan V akan dikenakan tarif Rp34.000, Rp52.500, dan Rp80.000.

Sementara dengan diberlakukannya tol baru Ruas Probolinggo Timur – Gending, pengguna jalan dengan kendaraan Golongan I Gratis tujuan Gending akan dikenakan tarif sebesar Rp 52.000. Pengguna jalan Kelas II & III pada jalur yang sama akan dikenakan biaya baru sebesar Rp78.000, sedangkan Kelas IV & V dikenakan biaya Rp104.000.

Direktur Utama WTR Daniel Fitzgerald Liman mengatakan dengan adanya penyesuaian harga ini diharapkan dapat mendukung TPJT untuk meningkatkan kualitas layanan keuangan. Sehingga kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan saat melintas di jalan Passpro dapat tetap terjaga.

“Tol Paspro merupakan bagian dari jalan raya Trans Jawa yang menghubungkan Pasuruan hingga Probolinggo. “Dengan peningkatan konektivitas ini diharapkan dapat memperlancar distribusi produk, layanan, serta aktivitas dan aktivitas di Jawa Timur,” kata Daniel, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga  Resep Sup Sarapan Ayam Lemon dan Jamur Salju: Gaya Hidup Okezone

“Serta menjadi katalis positif dalam mendukung pengembangan perekonomian lokal dan dapat memberikan dampak positif terhadap penghidupan masyarakat,” jelasnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Sebelumnya, Ruas Probolinggo-Gending Timur telah beroperasi bebas pajak selama lebih dari enam bulan terhitung sejak 17 Agustus 2023, sedangkan Ruas Probolinggo Grati-Timur telah beroperasi penuh sejak tahun 2019.

Sebagai informasi, Tol Paspro sepanjang 39,37 km menghubungkan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Tol Paspro dibangun dalam 2 (dua) tahap, yaitu ruas Grati-Probolinggo Timur sepanjang 30,3 km yang beroperasi sejak tahun 2019 dan ruas Probolinggo Timur-Gending sepanjang 9,07 km yang beroperasi tanpa tol mulai 17 Agustus 2023.

Tol Paspro memiliki empat gerbang tol yaitu Tongas, Probolinggo Barat, Probolinggo Timur dan Gendingo. Hadirnya jalan raya Paspro mampu mempersingkat waktu tempuh Pasuruan menuju Probolinggo yang tadinya memakan waktu sekitar 2,5 jam, kini bisa dipersingkat menjadi hanya 45 menit.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *