Perhatian! Kalau sepeda motor menerobos jalur khusus sepeda, bisa dipenjara: Okezone Economy

Uncategorized17 Dilihat

JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan jalur khusus sepeda di banyak jalan utama. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan pengguna sepeda.

Meski demikian, masih banyak pengendara sepeda motor yang memutuskan melintasi jalan tersebut. Bahkan, baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan viralnya kejadian sepeda yang menghadang seorang pengemudi taksi online yang melanggar aturan dengan memasuki jalur khusus sepeda di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Insiden tawuran pengendara dengan tukang ojek menarik perhatian warga setempat. Pasalnya, terjadi perselisihan di antara keduanya hingga berujung pada kejar-kejaran dan perkelahian. Hingga acara ini dipisahkan oleh sekelompok pengemudi yang berkeliling.

Kejadian sepeda motor memasuki jalur sepeda utama di Jakarta sudah menjadi hal yang lumrah, hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan.

Lantas, apakah sepeda motor benar-benar diperbolehkan memasuki jalur yang diperuntukkan bagi pengguna sepeda? Tentu saja jawabannya tidak diperbolehkan.

Dalam Instagram resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, terdapat aturan tertulis untuk penegakan hukum yang mengacu pada Pasal 287 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Lebih lanjut, ayat 106 ayat (2) juga menyatakan bahwa setiap pengendara di jalan bertanggung jawab atas keselamatan pelaku perjalanan dan pengendara. Jika keselamatan pengendara tidak menjadi prioritas, sanksi akan dikenakan.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang juga
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Pelaku curang dapat dikenakan sanksi hukum berupa denda maksimal Rp500.000 atau hukuman penjara paling lama dua bulan.

Insiden viral tersebut menyoroti pentingnya kehati-hatian dan disiplin dalam pemberitaan. Kami berharap penegakan hukum yang tegas dan edukasi yang berkelanjutan dapat menciptakan lingkungan yang lebih ramah lalu lintas

Baca Juga  Kabar Menarik Pertamax Green 95 Pengganti Pertalite, Ini Penjelasannya: Okezone Economy

Kami berpesan kepada semua orang untuk lebih menaati peraturan demi keselamatan berlalu lintas bagi seluruh pengguna jalan.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *