Peristiwa 10 Juni: Jembatan Suramadu diresmikan, Julia Perez meninggal: National Okezone

Uncategorized6 Dilihat

BERMACAM-MACAM Peristiwa penting terjadi pada 10 Juni baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa di antaranya tercatat dalam sejarah dan dikenang sepanjang masa.

Berdasarkan catatan WikipediaSejumlah peristiwa, lahir atau matinya tokoh-tokoh tersebut, di antaranya lahirnya pesepakbola Bambang Pamungkas, dan meninggalnya aktris Julia Perez.

Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 Juni dari tahun ke tahun:

1. Jebolnya Bendungan Membunuh 100.000 Orang

Sebuah bendungan di Sungai Dadu atau Tatu yang terletak di Sichuan, Tiongkok, runtuh pada 10 Juni 1786. Runtuhnya bendungan tersebut akibat gempa bumi yang mengguncang Sichuan selama 10 hari.

BACA JUGA:

Jebolnya bendungan yang kemudian menimbulkan banjir bandang sekitar 1400 kilometer ke arah hilir. Akibatnya, 100.000 orang meninggal akibat tanah longsor yang disusul banjir. Peristiwa ini tercatat sebagai gempa paling mematikan ke-2 di dunia.

2. Jembatan Suramadu diresmikan

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang melintasi Laut Madura. Jembatan yang membentang sepanjang 5.438 meter dari Surabaya hingga Bangkalan ini menghubungkan Pulau Jawa dan Madura.

Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu mempunyai tiga bagian, yaitu jalan raya, jembatan pendekat, dan jembatan utama.

Jembatan ini mulai dibangun pada tanggal 20 Agustus 2003. Saat itu Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Jembatan ini selesai dibangun pada 1 Maret 2009. Namun baru Jembatan Suramadu yang dibuka dan dibuka untuk umum pada 10 Juni 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan jembatan ini.

BACA JUGA:

3. Raja Ludwig di Jerman sedang tidak waras

Ludwig Friedrich Wilhelm, atau Ludwig (Louis) II dari Bavaria adalah raja Bavaria (Bayern, Jerman) dari tahun 1864 hingga kematiannya. Ia adalah putra Maximilian II dari Bavaria dan Marie dari Prusia yang naik takhta pada usia 18 tahun, setelah kematian ayahnya.

Baca Juga  Diburu 4 Tahun, Tersangka Penipuan Polsek Madina Ditangkap di Batam: Okezone News

Pada tanggal 10 Juni 1886, pemerintah menyatakan Ludwig II gila dan tidak mampu memerintah. Kemudian pada malam tanggal 13 Juni 1886, dia ditemukan tewas di Danau Starnberg.

Pernyataan resmi pemerintah menyatakan bahwa Ludwig II sengaja bunuh diri dengan cara gantung diri. Namun hasil pemeriksaannya tidak menemukan adanya cairan di paru-parunya sehingga muncul teori lain mengenai penyebab kematiannya, antara lain dibunuh oleh lawan politik atau terkena serangan jantung.

4. Italia memenangkan piala dunia pada tahun 1934

Italia menjadi juara piala dunia FIFA pada 10 Juni 1934. Italia menjadi juara setelah mengalahkan Cekoslowakia di final dengan skor 2-1. Piala Dunia 1934 merupakan Piala Dunia FIFA kedua yang diadakan di Italia.

Saat itu, Asosiasi Sepak Bola Italia masih di bawah komando Benito Mussolini. Italia berhasil meraih gelar juara berkat bantuan banyak pemain keturunan Italia yang pernah bermain untuk negara lain.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang juga
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

5. Kelahiran Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas, pesepakbola legendaris yang pernah menjadi juara Persija di tingkat nasional. Ia lahir pada tanggal 10 Mei 1980 di Semarang, Jawa Tengah. Pria dengan nama samaran Bepe itu kini menjabat sebagai Manajer Persija Jakarta di Liga 1 2020, setelah mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola.

Tak hanya di Persija, BePe juga pernah bermain di timnas sepak bola Indonesia. Kondisi fisik Anda luar biasa. Nama BePe mulai terkenal di Asia Tenggara saat ia mencetak satu-satunya gol Indonesia di semifinal Piala Harimau 2002 melawan Malaysia. Ua menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi tersebut dengan delapan gol.

Baca Juga  Upaya Pemuda Perindo Pikat Generasi Milenial Pilih Generasi Z di Pilpres 2024: Okezone News

7. Kematian Julia Perez

Yuli Rahmawati atau lebih dikenal dengan nama Julia Perez disingkat Jupe, lahir di Jakarta, 15 Juli 1980 dan meninggal di Jakarta, 10 Juni 2017 pada umur 36 tahun. Jupe dikenal sebagai penyanyi, model, aktor, entertainer, dan selebriti Tanah Air. .

Jupe memulai karirnya di Perancis. Perkenalannya dengan model pria Damien Perez (Yusuf Perez) yang kemudian menjadi suaminya membuka kesempatan pertamanya tampil sebagai model majalah FHM dan Maxim di Prancis. Dengan kemunculannya di FHM dan Maxim, Jupe mendapat keputusan 100 wanita terseksi versi majalah FHM dan Maxim.

Pada 10 Mei 2017, Jupe meninggal dunia setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Dia meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *