Peristiwa 14 April: Bencana Titanic dan pembunuhan Presiden Abraham Lincoln: The Nation

Uncategorized23 Dilihat

BERMACAM-MACAM Peristiwa penting terjadi pada tanggal 14 April di banyak belahan dunia. Beberapa di antaranya tercatat dalam sejarah. Misalnya saja tenggelamnya RMS Titanic yang menewaskan lebih dari 1.500 orang. Kemudian penembakan Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln.

Sekarang, Oke zona merangkum berbagai peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 14 April dari tahun ke tahun mengacu pada berbagai sumber.

Berikut ulasan singkat peristiwa besar pada 14 April tersebut:

1. Titanic menabrak gunung es

Kapal laut besar asal Inggris, RMS Titanic, menabrak gunung es di Samudera Atlantik Utara pada 14 April 1912 sekitar pukul 23.40 waktu setempat. Kecelakaan gunung es menyebabkan salah satu kapal terbesar pada masanya tenggelam dan menewaskan 1.514 penumpangnya.

BACA JUGA:

Titanic tenggelam saat melakukan pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York. Titanic tenggelam pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak gunung es yang membanjiri kapal dan membuka lima dari 16 kompartemen perairan.

Bencana Titanic merupakan bencana maritim paling kelam pada masanya. Pasalnya, kapal berukuran besar tidak didukung oleh sekoci yang mampu mengangkut seluruh penumpang.

Titanic dilaporkan memiliki 20 sekoci yang mampu mengangkut 1.178 penumpang. Padahal, jumlah penumpang Titanic sendiri tercatat sekitar 2.000 orang.

2. Presiden Amerika Abraham Lincoln tertembak

Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16 dibunuh oleh seniman psikis, John Wilkes Booth. Ia ditembak mati di Ford’s Theatre, Washington, Amerika Serikat, pada tanggal 14 April 1865.

Keesokan harinya, atau 15 April 1865, Abraham Lincoln meninggal karena luka tembak yang dialaminya. Lincoln adalah presiden Amerika pertama yang dibunuh. Ia dikenang oleh Amerika dan dunia sebagai pejuang demokrasi.

Baca Juga  Mahfud MD Ajak Relawan Madura di Malaysia Nyanyikan Majeng Voices: National Okezone

BACA JUGA:

Pembunuh Lincoln, John Wilkes juga dikenal sebagai pendukung setia yang menentang penyerahan tentara konfederasi kepada pemerintah setelah perang saudara berakhir. John Wilkes kemudian meninggal lagi dan dibunuh.

3 Hongaria merdeka dari Austria

Hongaria adalah negara yang terkurung daratan di Eropa tengah. Negara ini berbatasan dengan Austria, Slovakia, Ukraina, Kroasia, dan Serbia. Dalam sejarahnya, Hongaria mengalami banyak perubahan.

Pada tanggal 14 April 1849, Hongaria mendeklarasikan kemerdekaannya dari Austria. Revolusi dan perang antara rakyat Hongaria dan Austria berlangsung dari tahun 1848-1849. Pada bulan April 1849, Hongaria akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya dari Austria.

BACA JUGA:

4. Badai Es di Sydney

Kota Sydney di Australia mengalami badai salju pada tanggal 14 April 1999. Badai salju ini merupakan salah satu bencana terparah di Australia. Hal ini disebabkan meluasnya bencana di bagian timur New South Wales.

Kami mendengar bahwa badai ini telah menjatuhkan 500.000 ton salju. Kerugian asuransi akibat badai salju ini mencapai 1,7 miliar dollar AS. Tak hanya itu, petir dari badai ini juga menewaskan seorang warga Sydney.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

5. Bom mobil meledak di Sri Lanka

Sebuah bom mobil meledak di Triconmalee, Sri Lanka pada 14 April 1989. Akibat ledakan bom tersebut, 38 orang tewas.

Peristiwa bom mobil di Sri Lanka merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa teroris yang terjadi pada tahun 1989. Selain Sri Lanka, Kolombia dan Lebanon termasuk di antara negara-negara yang menjadi bagian dari serangan bom mobil pada tahun 1989.

Baca Juga  Hasil Babak Pertama Timnas Jepang U-17 Bareng Timnas Argentina di Piala Dunia U-17 2023: Tim Tango Unggul 2-0 : Okezone Bola

6. Gempa Tiongkok Menewaskan 2.700 Orang

Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR terjadi di Tiongkok pada 14 April 2010. Gempa terjadi di kota Yushu, Qinghai, Tiongkok, sekitar pukul 07.49 waktu setempat. Gempa yang dikenal dengan gempa Yushu 2010 ini dilaporkan menewaskan 1.944 orang dan melukai 10.000 orang.

Gempa juga mengakibatkan hancurnya bangunan-bangunan di Tiongkok. Tak hanya itu, gempa tersebut juga menyebabkan gempa lokal di sebagian wilayah Tiongkok. Sejumlah besar gempa susulan pasca gempa pertama mengguncang wilayah tersebut.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *