Peristiwa 27 Februari: Meninggalnya Sayuti Melik: Okezone Country

Uncategorized84 Dilihat

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 27 Februari. Salah satunya mulai dari ditemukannya New Britain Island hingga meninggalnya Sayuti Melik, penerbit pengumuman RI.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa penting yang terjadi pada 27 Maret tersebut, seperti disarikan dari laman Wikipedia:

1700 – Pulau Britania Baru Ditemukan

Provinsi Britania Baru Barat atau West New Britain adalah sebuah wilayah di Papua Nugini, dengan Kimbe sebagai ibu kotanya. Wilayah ini memiliki luas 20.387 km², dengan jumlah penduduk 264.264 jiwa berdasarkan sensus 2011. Terdapat tujuh komunitas besar di Pulau New Britain, yaitu Nakanai, Bakovi, Kove, Unea, Maleu, Kaulong dan Arowe. Semua versi menyumbangkan total 25 bahasa.

1900 – Partai Buruh Inggris Didirikan

Partai Buruh adalah sebuah partai politik di Inggris dengan ideologi kiri-tengah, yang digambarkan sebagai aliansi sosial demokrat, sosial demokrat, dan serikat buruh. Platform partai ini menekankan intervensi negara yang lebih besar, keadilan sosial, dan penguatan hak-hak pekerja.

Kelompok ini didirikan pada tahun 1990, setelah berkembang dari serikat buruh dan kelompok sosialis pada abad ke-19. Partai Buruh mengambil alih Partai Liberal sebagai oposisi utama Partai Konservatif pada awal tahun 1920an, membentuk dua pemerintahan minoritas di bawah Ramsay Macdonald pada tahun 1920an.

2004 – Badan Reorganisasi Bank Nasional (BPPN) dibubarkan oleh Megawati

BPPN merupakan lembaga yang didirikan oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 1998 tentang Pembentukan BPPN. Lembaga ini didirikan dengan tugas pokok melakukan restrukturisasi perbankan, penyelesaian aset bermasalah dan mencari pengembalian uang masyarakat yang ditransfer ke perbankan.

Karena kinerjanya dinilai kurang memuaskan, pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, lembaga ini dibubarkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2004 tentang Penghentian Pelayanan dan Pembubaran BPPN.

Baca Juga  Tekanan di DPR Jokowi Kisruh hingga Ada yang Kecapaian, Istana: Kami Mohon Maaf: Okezone Country




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

1989 – Wafatnya Naskah Kemerdekaan Indonesia Deklarasi Sayuti Melik

Mohamad Ibnu Sayuti atau dikenal dengan Sayuti Melik lahir di Sleman, Yogyakarta 22 November 1908. Sayuti meninggal di Jakarta pada 27 Februari 1989 dalam usia 80 tahun.

Sayuti tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai penerbit deklarasi kemerdekaan Republik Indonesia. Ia merupakan suami dari Soerastri Karma Trimurti, seorang jurnalis dan aktivis perempuan pada masa kolonial dan pasca kemerdekaan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *