Peristiwa 5 Mei: Terbitnya 50 Petisi untuk Soeharto: National Okezone

Uncategorized15 Dilihat

JAKARTA – Pada tanggal 5 Juni, banyak peristiwa bersejarah terjadi di banyak belahan dunia. Mulai dari penemuan bintang hingga peristiwa politik dan tragedi kemanusiaan.

Berikut rangkuman Okezone yang dikutip dari Wikipedia:

– 1788, William Herschel menemukan Galaksi NGC 5879

galaksi spiral di konstelasi Draco, menambah pengetahuan tentang alam semesta. NGC 5879 ada di grup NGC 5866.

– 1944, Mahatma Gandhi Dibebaskan dari Penjara

Seorang tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan India, dibebaskan dari penjara. Pendekatan tanpa kekerasan dan demonstrasi damai membawa perubahan besar dalam sejarah India dan menjadi inspirasi bagi gerakan kemerdekaan di seluruh dunia.

– 1980, Terbitnya Petisi 50 di Jakarta

Dokumen ini ditandatangani oleh 50 tokoh terkemuka Indonesia, mengungkapkan keprihatinan mereka atas penggunaan Pancasila sebagai alat politik oleh Presiden Soeharto, yang mencerminkan ketegangan politik saat itu.




Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Para penandatangan antara lain mantan Kepala Staf TNI Jenderal Nasution, mantan Kapolri Hoegeng Imam Santoso, mantan Gubernur Jakarta Ali Sadikin, serta mantan Perdana Menteri Burhanuddin Harahap dan Mohammad Natsir.

Mereka yang menandatangani petisi ini mengatakan bahwa Presiden menganggap dirinya sebagai perwujudan Pancasila; bahwa Soeharto menganggap semua kritiknya sebagai kritik terhadap negara ideologi Pancasila; Suharto menggunakan Pancasila “sebagai alat untuk mengancam musuh-musuh politiknya”; Suharto menyetujui tindakan tidak terhormat yang dilakukan militer; sumpah pejuang ditempatkan di atas hukum; dan tentara didorong untuk “memilih teman dan musuh hanya berdasarkan penilaian Suharto.

Baca Juga  Menunggu Ratu Adil dan Satria Piningit seperti Ramalan Jayabaya: National Okezone

– 2007, Kenya Airways Penerbangan 507 jatuh

Pesawat tersebut diyakini jatuh di dekat kota Lolodorf, sekitar 160 km tenggara kota pesisir Douala, Kamerun selatan pada tanggal 5 Mei 2007 dengan 105 penumpang dan 9 awak di dalamnya. Kenya Airways mengatakan penumpangnya berasal dari 26 negara.

Pesawat pada Penerbangan 507 yang menuju Abidjan-Douala-Nairobi. Kenya Airways Penerbangan 507 adalah Boeing 737-800 milik Kenya Airways yang berangkat dari Bandara Internasional Douala di Douala, Kamerun menuju Bandara Internasional Jomo Kenyatta di Nairobi, Kenya.

Pesawat berangkat dari Bandara Port Bouet di Abidjan, Pantai Gading, namun berhenti di Douala untuk menjemput beberapa penumpang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *