Permintaan Undang Menteri dari Kubu Ganjar dan Anies, Ini Tanggapan Ketua MK: National Okezone

Uncategorized97 Dilihat

JAKARTA Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mengaku sedang mempertimbangkan seruan Menteri DPR RI yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo -Mahfud MD. Keputusan apakah permohonan pemohon diterima harus dipertimbangkan secara hati-hati.

“Kalau begitu, semua itu akan kita pertimbangkan (panggilan Menteri). Kita harus menaruh perhatian besar pada ini, ini kasus perdata, lawan, kalau pengadilan membantu kita memanggil, akan ada persinggungan dengan ketidakberpihakan, jadi kita punya. hati-hati,” kata Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo, Kamis (28/3/2024).

Suhartoyo menjelaskan, keputusan mengundang keempat Menteri tersebut harus berdasarkan pendapat Mahkamah untuk mencari kebenaran perselisihan. Artinya dalam situasi ini posisi keempat Menteri tersebut bukan sebagai saksi atau ahli bagi para pemohon.

“Pengadilan bisa memanggil selama pengadilan membutuhkannya. “Bisa jadi apa yang kami usulkan itu penting sekali,” ujarnya.

Dalam posisi pengadilan memanggil Menteri untuk kepentingannya sendiri, Suhartoyo mengatakan, kedua pemohon tidak boleh bertanya-tanya. Ditegaskannya, pemanggilan Menteri akan bergantung pada rapat majelis hakim (RPH).

“Jadi lain kali Anda menyampaikannya, pengadilan akan membutuhkannya lagi. Jadi para pihak tidak boleh bertanya-tanya, ujarnya.

Sebagai informasi, kubu Anies-Muhaimin dalam penyidikan PHPU, Kamis (28/3) meminta Mahkamah Konstitusi mempertimbangkan untuk mengundang Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tak hanya itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Direktur Eksekutif Bidang Usaha Airlangga Hartarto juga turut menyebutkan.

Kubu Ganjar-Mahfud mengamini gagasan tersebut. Ketua Asosiasi Hukum Ganjar-Mahfud menyebutkan usulan mengundang Menteri dilakukan untuk memperjelas penyaluran bansos.



Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Baca Juga  Tanpa mata atau kaki, bagaimana serangga bisa hidup? : Perjalanan Laut

(dinding)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *