Pipa Gas Cisem Tahap 1 Rampung, Ini Manfaatnya Bagi Perusahaan di RI: Okezone Economy

Uncategorized37 Dilihat

JAKARTA – PT PGN Tbk telah menyelesaikan pekerjaan penyambungan ruas Pipa Distribusi CNG Cluster Tambak Aji dengan ruas Pipa Distribusi Kendal – Mangkang yang menghubungkan ke Pipa Transmisi Cirebon-Semarang Tahap 1 (Pipa Cisem Tahap 1).

Upaya yang dirintis penyediaan gas untuk Kawasan Industri Tambak Aji dan Wijaya Kusuma dalam 10 tahun terakhir, yang berasal dari Compressed Natural Gas (CNG), dapat dikonversi menjadi sumber gas lengkap.

“Mulai tahun 2022, kebutuhan listrik berbahan bakar gas di Jawa Tengah akan meningkat. Hal ini didukung dengan adanya Pipa Transmisi Gas Cisem yang dibangun pemerintah. Jika Pipa Cisem Tahap 1 (Semarang – Batang) dan pipa distribusi Kendal – Mangkang – Tambak Aji selesai, maka proses peralihan dari sumber gas CNG ke gas alam di Tambak Aji akan selesai. Kemudian dilakukan dengan menyambungkan pipa distribusi dari Offtake Kendal ke pipa cluster CNG eksisting Tambak Aji melalui pipa distribusi Mangkang – Tambak Aji, kata General Manager PGN SOR 3, Hedi Hedianto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa ( 4/6/2024).

Laju aliran gas yang ada untuk sektor industri komersial di wilayah Jawa Tengah adalah 3 BBTUD atau 3 juta meter kubik per bulan. Selain melayani sektor komersil, melalui integrasi pipa gas Distribusi Gresik-Semarang, Kalimantan-Jawa dan Distribusi Jawa Tengah, PGN juga melayani kebutuhan sektor ketenagalistrikan sebesar 45 BBTUD.

Dijelaskannya, kehadiran PGN di Kota Semarang sudah ada sejak lama yakni tahun 2014, dalam upaya meningkatkan persaingan ekonomi dan industri di wilayah Jawa Tengah melalui aliran gas bumi dengan menggunakan moda ramah lingkungan dan CNG Saat itu, belum ada jaringan pipa yang mengarah ke Jawa Tengah dan lokasi perusahaan jauh dari sumber gas. Oleh karena itu PGN telah merintis jaringan distribusi yang disediakan dari CNG (CNG Cluster) di Wilayah Layanan Tambak Aji dan Wilayah Layanan Wijaya Kusuma.

Baca Juga  YouTube Perbarui Undang-Undang Tentang Senjata, Konten Akan Dibatasi Untuk Usia 18 Tahun ke Atas: Okezone Techno

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Pasokan CNG diperoleh dari PT Gagas Energi Indonesia, sedangkan titik penyaluran gas sebelum disalurkan ke jaringan pipa CNG berada di Pressure Reduction Center (PRS) Tambak Aji.

Setelah beralih dari CNG ke gas alam, sumber gasnya berasal dari sumur Jambaran Tiung Biru (JTB) Pertamina EP di Bojonegoro.

“Dengan beralihnya sumber gas dari CNG ke gas bumi, PGN berharap konsumsi gas akan meningkat. Di sisi lain, ketersediaan pasokan juga berkelanjutan untuk menambah pelanggan baru di Tambak Aji, Wijaya Kusuma dan sekitarnya, kata Hedi.

Pipa Cisem Tahap 1 juga terkoneksi dengan Pipa Gas Gresik – Semarang yang sudah ada, sehingga jaringan pipa Pulau Jawa kedepannya akan diperluas untuk meningkatkan pemanfaatan gas di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. PGN berharap pembangunan pipa transmisi Cisem tahap II oleh Pemerintah terus berlanjut sehingga PGN dapat terus mengembangkan infrastruktur distribusi dan layanan gas untuk memperluas pasar dan menyeimbangkan akses gas bumi bagi wilayah tersebut.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *