PPI Dunia Konfirmasi Pekerjaan di Rumah Setelah Lulus Studi: Okezone Edukasi

Uncategorized161 Dilihat

JAKARTA – Pelajar Indonesia yang telah menyelesaikan studinya di luar negeri disatukan dalam kelompok Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Global. Demi mendukung visi Indonesia 2045, mereka berjanji akan mengabdi pada tanah air.

Tanpa keterlibatan, tanpa konsistensi, visi bangsa Indonesia terhadap Visi 2045 hanya akan menjadi catatan di atas kertas, tidak akan menjadi kenyataan. “Ini yang harus kita perjuangkan,” jawab Choirul Anam, PPI Ceko (alumni asal Ceko) sekaligus Ketua PPI 2021 di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

BACA JUGA:

Mahasiswa pun ingin kembali ke Indonesia untuk mengabdi. Riset dari laporan Robert Walters, sebuah perusahaan rekrutmen profesional tentang kesiapan WNI di luar negeri, menyebutkan bahwa sejak tahun 2020 hingga saat ini, 3 hingga 5 mahasiswa yang ditanya menjawab bersedia pulang ke rumah.

“Mereka ingin kembali ke Indonesia,” kata Ahmad Aditiya, PPI Belanda yang juga menjabat Direktur Global PPI saat ini.

“Tidak ada wadah kapan mahasiswa mau mudik, sehingga PPI di dunia ini menjadi wadah bagi mereka yang ingin mengabdi pada Indonesia,” ujarnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Pernyataan visi Indonesia 2045 merupakan visi untuk merayakan hari ulang tahun Indonesia yang ke-100, dimana visi Indonesia bertujuan bahwa pada tahun 2045 tingkat mutu pendidikan akan meningkat sebesar 65% hingga 90%. Peningkatan pendidikan vokasi dan orientasi pengembangan keilmuan di perguruan tinggi diarahkan sebagai respon terhadap perubahan sistem perekonomian yang didukung oleh kemitraan tripartit yang kuat (pemerintah, perguruan tinggi dan perusahaan). Tenaga kerja terampil dengan keahlian khusus dan kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan dalam pasar kerja yang kompetitif.

BACA JUGA:

Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (PPI Dunia) lahir pada Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) yang diselenggarakan di kampus University of New South Wales (UNSW), Sydney, Australia pada tanggal 9 Mei September 2007. Saat itu waktu tidak ada wali individu, tapi itulah awal mula Dunia PPI masa depan yang lahir dari sini.

Baca Juga  Yenny Wahid mengatakan pemimpin terbaik adalah yang memahami kebutuhan mahasiswa: National Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *