Pria ini menghasilkan miliaran dolar setelah mengekspor model mobil mewah yang digunakan untuk syuting film Hollywood: Okezone Economy

Uncategorized142 Dilihat

KOTA BATU – Orang ini adalah seorang rapup hadiah miliaran rupiah telah usai internasional replika mobil yang menyenangkan. Produk kreatif besutan pria lulusan SMP di Kota Batu ini bahkan digunakan untuk syuting film Hollywood.

Uniknya mobil replika yang kami buat bukan sekedar mobil replika, melainkan mobil mewah seperti supercar Lamborghini, Ferrari, dan mobil klasik Mustang yang aslinya bernilai lebih dari Rp 2 Miliar.

Pria berusia 24 tahun ini membuat replika mobil di bengkelnya di Jalan Larmani, Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Di sebuah bengkel bernama MBA Workshop, pria bernama Mahardika Bayu Aji ini mengawali inovasi dan kreasinya dengan menggarap mobil-mobil standar pada umumnya, kemudian mengubahnya menjadi “mobil mewah”.

Pada awalnya Dika akhirnya menciptakan kreasi mobil sport dan mewah yang memasuki pasar internasional, dimulai dengan konsep mewah. Saat itu ia mencoba membuat mobil Lamborghini jenis SPC karena kontennya di media sosial dan YouTube. Tidak lama kemudian dia berpikir untuk menjadi dealer mobil bagi banyak pelanggan di Amerika Serikat.

Namun setelah rekaman video tersebut menarik perhatian, yang terjadi justru mobil ciptaannya menjadi viral bahkan mendapat perhatian dari pasar global. Dimana pesanan pertama datang dari California, Amerika Serikat. Saat itu, pelanggan meminta Dika untuk membuatkan replika mobil Jaguar.

“Awalnya kita buat sendiri, pas kita posting di YouTube dan Instagram, ternyata banyak yang berminat. Sampai ada yang memesan model Jaguar. Pelanggan pertama dari luar negeri adalah dari Amerika,” kata Dika. saat ditemui di bengkelnya di Jalan Larmani, Kota Batu, Selasa (19/9/2023).

Perlahan tapi pasti, bisnis yang diawali dari hobi Dika di bidang mobil dan modifikasi mobil ini membuahkan hasil. Desain replika mobil miliknya yang terbuat dari kaca dicetak dengan printer 3D berukuran besar sehingga menghasilkan kreasinya yang unik.

Baca Juga  Berapa lama proses investasi IKN selesai sampai ground floor? : Ekonomi Zona Atas

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Saat MNC Portal melihat bengkel tersebut masih mengerjakan armada sebanyak empat unit, tiga di antaranya mobil konsep, dua di antaranya Lamborghini, dan satu mobil dipesan untuk diubah menjadi Mustang. Menariknya, dari empat kapal tersebut, dua di antaranya dipesan oleh pelanggan asal Amerika Serikat, yakni mobil rangka Lamborghini dan satu kapal yang juga dikirim ke luar negeri untuk produksi film Hollywood. Sebelumnya, ia mengirimkan mobil pertamanya ke Amerika Serikat pada Rabu 6 September 2023.

“Yang ke luar negeri ke Amerika bilang butuh properti filmnya, tapi tidak bilang filmnya apa, itu rahasianya, kami hanya produser,” jelasnya.

Menurutnya, pembuatan prototipe mobil membutuhkan waktu antara 8 bulan hingga satu tahun. Prosesnya sangat rumit, karena base car atau mobil yang dijadikan basis mesin, kaki-kakinya diubah total. Selain itu juga harus memperhatikan sudut, bentuk dan ukurannya agar semirip mungkin, bahkan hampir 100 persen seperti aslinya.

Dika dibantu lima orang pekerja melepas bodi mobil dan menggantinya dengan bodi mobil berbahan kaca. Menariknya, bodi mobil replika ini hampir sama dengan mobil aslinya, baik dari ukuran, bentuk, bahkan melengkung hingga sudut lancip. Proses pembuatan bodi aslinya hampir mirip Lamborghini asli menggunakan mesin cetak 3D dan printer CNC.

“Semua bisa diselesaikan, cetak saja desainnya, kalau bentuk dan sudutnya dibuat manual. Kalau rangkanya, kita bangun sendiri. Dari mobil biasa, kita hanya pakai mesin dan kaki-kakinya, kita buang. seluruh tubuh,” katanya.

Karena replikanya hampir seperti aslinya, usahanya yang baru dimulai pada tahun 2020 itu kini laris manis. Pria pelajar SMPN 15 Kota Malang ini memiliki tiga pelanggan tetap asal Amerika Serikat yang selalu memesan mobil rekondisi.

Baca Juga  Saat Pangeran Diponegoro Menulis Alquran dengan Tangannya Sendiri: National Okezone

“Biasanya kalau ke Amerika kita kirim bodi setengah jadi. Kalau daerah yang dijadikan koleksi, banyak yang minta mobil sport seperti Lamborghini, Ferrari atau Jaguar, untuk mobil klasik seperti Mustang,” jelasnya.

Harganya yang begitu murah dibandingkan membeli mobil asli membuat rumah produksi film di Hollywood memutuskan untuk memesan mobil replika dari Dika. Menurutnya, mobil ciptaan terkecil ini dibanderol Rp350 juta untuk modifikasi saja.

“Harganya tergantung spesifikasi, tapi kita di kisaran Rp 350 juta, kalau Lamborghini perlengkapan dasar mobilnya dari pelanggan. Itu biaya variabelnya saja,” ujarnya.

Jangan lupa peserta yang memenuhi syarat CPNS bisa mengikuti Tryout CPNS di Okezone, klik disini

Konten di bawah ini disajikan oleh Pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *