Sandiaga Uno Bantah Temuan KPPU Soal Harga Avtur Bikin Harga Tiket Pesawat Mahal: Okezone Economy

Uncategorized19 Dilihat

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hilangkan kecurigaan itu KPPU Terkait harga bahan bakar jet atau minyak menjadi faktor utama kenaikan harga tiket pesawat. KPPU sebelumnya mencatat mahalnya harga bahan bakar jet menyebabkan kenaikan tarif tiket pesawat domestik. Dimana, komponen biaya bahan bakar mencapai 38-45% dari harga tiket penerbangan.



Sandiaga Uno mengatakan pemerintah telah mengkaji temuan KPPU. Setelah itu kami berkorespondensi dengan data Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN, data tersebut juga disampaikan saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) awal tahun lalu.

Akibatnya, biaya bahan bakar jet bukanlah penyumbang terbesar terhadap mahalnya harga tiket pesawat saat ini. Sandi mengatakan, ada faktor lain seperti pajak yang menjadi penyebab mahalnya harga tiket.

“Jadi kemarin informasi KPPU sudah kami review dan sudah kami cocokkan dengan pemaparan Kementerian ESDM, Kementerian BUMN dalam rapat mengenai integrasi tujuan dalam rapat awal tahun lalu, ” kata Sandi. saat bertemu di Kantor Perdana Menteri Industri Maritim dan Komersial, Rabu (7/2/2024).

“Ternyata meski berkali-kali disebut-sebut sebagai salah satu penyumbang mahalnya harga tiket, ternyata jika dibandingkan dengan negara lain dan karena sistemnya bukan hanya bahan bakar jet saja, tapi juga ada pajaknya. adalah. hasil pembahasan rapat umum, tidak memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam hal kenaikan atau kenaikan harga tiket pesawat,” jelasnya.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Meski begitu, Menparekraf tak memungkiri tingginya harga bahan bakar jet turut andil dalam kenaikan harga tiket pesawat. Situasi ini terjadi ketika harga minyak mentah global menjadi ‘gila’ alias tinggi.

Baca Juga  Alasan Nana Mirdad Tak Terima Baby Bella : Okezone Celebrity

“Ada kemungkinan, tapi pada masa pelatihan tahun lalu, hal ini harus dilihat karena tahun lalu harga minyak dunia turun,” ujarnya.

Tingginya harga tiket pesawat pada tahun ini, lanjutnya, disebabkan berkurangnya jumlah penerbangan yang beroperasi. Di sisi lain, untuk menekan biaya, maskapai penerbangan harus menambah jumlah armadanya. Sandi mencatat, jumlah kebutuhan pesawat Indonesia untuk rute domestik mencapai 700 unit.

“Jadi hari ini kita harus mengkajinya dengan baik karena tahun lalu yang menyebabkan kenaikan harga adalah banyaknya maskapai yang datang untuk melakukan rute di Indonesia,” jelas Sandi.

“Jadi kita harus menambah 700 penerbangan, sehingga ada peningkatan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi, ini yang menjadi alasan utama mengapa tahun lalu harganya tinggi dan terasa seperti itu hingga awal tahun ini,” dia menjelaskan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *