Saran Pakar Griffith University untuk Mencegah Wabah Pneumonia: Studi Okezone

Uncategorized66 Dilihat

JAKARTA – Kasus dada terasa dingin Ia khawatir apa yang terjadi saat ini di Tiongkok akan menyebar ke seluruh dunia. Epidemiolog sekaligus peneliti dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman memberikan tips menghindari wabah ini.

Ia menjelaskan, penyakit ini bisa menyerang salah satu atau kedua paru-paru seseorang. Tidak hanya itu, jika paru-paru mengalami infeksi maka akan menyebabkan kantung udara pada paru-paru terisi air atau bahkan nanah akibat infeksi tersebut, baik itu bakteri, virus, atau jamur. Dicky menjelaskan, perlu banyak upaya untuk mencegah dan mengobati pneumonia.

BACA JUGA:

Nah, untuk pencegahan dan pengobatannya memang di bawah level Covid-19, tapi kalau untuk pengobatannya perlu disiapkan sistem rujukannya, kata Dicky kepada wartawan, Minggu (3/12/2023).

Selain itu, peran pemerintah juga perlu diperkuat dan memastikan program literasi mencakup literasi di masyarakat sebagai kelompok utama. Namun hal ini juga perlu didukung dengan upaya pencegahan lainnya seperti penggunaan masker dan mencuci tangan.

BACA JUGA:

Selain itu, Dicky juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat untuk mengurangi penularan khususnya di bidang pernafasan, seperti yang dilakukan pada masa pandemi sebelumnya.

“Kita harus menjaga bahkan memperkuatnya melalui pendiriannya, seperti yang terjadi pada masa pandemi. Nah, ini yang akan mencegah kasus-kasus tersebut (pneumonia), dan sekali lagi vaksin itu sangat penting, kata Dicky.

Ikuti Berita Okezone di berita Google


Sebab menurutnya, saat ini sudah banyak masyarakat atau pemerintah yang mulai meninggalkan praktik tersebut, situasi seperti ini akan merugikan dan harus diperbaiki lagi. Di sisi lain, pembatasan perjalanan ke luar negeri juga harus dibatasi. Namun, jika Anda tetap ingin bepergian, ada baiknya memperhatikan beberapa hal.

Baca Juga  Konferensi OKI, Jokowi akan diutus menemui Joe Biden untuk membahas Konflik Gaza: Okezone of the Nation

BACA JUGA:

“Jika akan bepergian ke luar negeri, tingkatkan imunitas tubuh, selain menggunakan vaksin, makan makanan seimbang, berolahraga, dan istirahat yang cukup,” kata Dicky.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *